Cocok untuk Buka Puasa, Ini Resep Bakso Khas Kekaisaran Ottoman

Nasional

Berita / Nasional 22 Views comments

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda bosan dengan menu buka puasa saat Ramadan yang itu-itu saja, Anda dapat mencoba Dawood Basha. Makanan sejenis baso itu ternyata sangat khas Kekaisaran Ottoman.

Namun bagi Anda yang tidak menyukai masakan pedas, Anda harus hati-hati terlebih untuk menyantapnya saat buka atau sahur saat Ramadan. Karena Dawood Basha menggabungkan tomat dan daging cincang dengan rasa yang sangat pedas. Kuah makanan ini sambal yang nampak sangat kental.

Sebetulnya banyak orang bertanya-tanya tentang asal muasal hidangan yang biasa disantap saat Ramadan ini. Sebagian mengatakan berasal dari Suriah, Libanon, dan Irak. Namun legendanya, masakan itu berasal dari Turki period Kekaisaran Ottoman.

Istilah "Basha" merujuk pada perwira tinggi di Ottoman, yakni "pasha". Ditulis Basha oleh sebagian besar orang karena dalam bahasa Arab tidak ada huruf "P" demikian sebagaimana dikutip dari situs Middle East Eye pada Kamis (16/5/2019).

2 dari 3 halaman


Seperti Apa Dawood Basha?

Dawood Basha adalah hidangan klasik Timur Tengah, penuh dengan bakso lembut. Bola daging itu dimasak dengan saus tomat yang memiliki aroma khusus.

Biasanya, hidangan itu disajikan dengan nasi polos atau bihun. Anda juga dapat menyantapnya dengan roti. Makanan ini diklaim sebagai hidangan "sempurna" di momen Ramadan.

three dari three halaman


Resep

Untuk:6 porsi

Waktu persiapan dan memasak: 45-55 menit

Bahan

Untuk bakso

750 g (1lb 10 oz) daging sapi cincang atau domba cincang

1 bawang berukuran besar, dicincang

1 telur besar

Rempah-rempah (catatan Anda dapat menggunakan campuran apa pun untuk membumbui cincang - biasanya menggunakan 1 sendok teh kari bubuk dan 1 sendok teh garam, serta merica).

Untuk Saus

Minyak sayur

1 bawang berukuran besar, dicincang

6 tomat mentah, dicincang

2 kaleng tomat cincang (bisa diganti dengan tomat segar, jika lebih disukai)

1 liter air

1 sendok makan paprika

garam

½ ikat peterseli segar

Cara Membuat Bakso

Potong bawang dan masukkan dalam food processor. Tambahkan cincang, bumbu, garam, merica, dan telur ke dalam food processor dan aduk.

Ambil adonan dan letakkan dalam mangkuk besar.

Bentuk adonan itu menjadi bakso kecil dan sisihkan di atas nampan.

Dengan menggunakan panci dangkal, panaskan minyak. Saat panas, tambahkan bakso dan goreng sampai berwarna cokelat di semua sisi.

Keluarkan bakso, tutup dan sisihkan.

Membuat Saus

Tambahkan minyak ke panci ukuran sedang dan panaskan sebelum menambahkan bawang cincang.

Tumis bawang selama beberapa menit sebelum menambahkan tomat segar. Masak selama 2 menit. Pada api sedang, tambahkan tomat kaleng, paprika dan garam. Tambahkan air dan besarkan api. Tunggu saus dengan api besar sampai mengental. Setelah mengental, kurangi panasnya dan tambahkan peterseli cincang dan bakso yang sudah matang.

Biarkan dan didihkan dengan api kecil selama sekitar 5 menit. Sajikan dengan segera.

Comments