Chatbot Bantu Muslim Temukan Makanan Halal saat Berpuasa di Negeri Orang

Koran Online

Daily News / Koran Online 27 Views comments

Liputan6.com, Jakarta - Bulan cuci Ramadan telah tiba. Dengan Ramadan dan liburan sekolah yang berdekatan, banyak keluarga yang merencanakan liburan Lebaran dan tengah tahun dalam waktu bersamaan.

Menurut knowledge Direktorat Jenderal Imigrasi Kemkumham, ada 9,1 juta wisatawan Indonesia yang berwisata ke luar negeri.

Angka ini naik 8,three persen dibanding tahun 2016 dengan eight,4 juta orang. Lantaran Indonesia didominasi muslim, mencari makanan halal di negeri orang merupakan sebuah kebutuhan tersendiri.

Berangkat dari pengalaman itu, seorang muslim bernama Mikhail Goh bersama dengan istrinya mulai membuat Have Halal, Will Travel (HHWT).

HHWT merupakan platform konten yang membantu tiap wisatawan muslim untuk melakukan perjalanan tanpa pemandu wisata.

Platform tersebut diperkenalkan melalui sebuah artikel mengenai bagaimana menemukan makanan lokal halal seperti dim sum di Hong Kong. Dari situlah tumbuh ratusan artikel rekomendasi hingga aplikasi cellular dan channel di media sosial.

Platform HHWT saat ini menjangkau lebih dari 9 juta muslim di Singapura, Malaysia, dan Indonesia setiap bulannya. Dengan HHWT, pengguna bisa mendapat memberikan informasi untuk membantu setiap wisatawan merencanakan perjalanannya ke destinasi-destinasi populer seperti Hong Kong, Jepang, London, Melbourne, dan Korea Selatan.

Dengan jumlah pembaca yang bertambah, platform HHWT perlu mengembangkan infrastruktur back-end untuk melayani permintaan pengguna yang terus berkembang.

Dengan jumlah pembaca situs platform HHWT yang terus bertambah, menjadi jelas bahwa HHWT perlu mengembangkan infrastruktur back-end-nya untuk terus melayani ketertarikan dan permintaan basis penggunanya yang terus berkembang dengan cepat.

“Satu pertanyaan yang tim HHWT tanyakan pada diri mereka adalah bagaimana mereka dapat melayani 8.000 pengguna yang mencari pilihan makanan halal di Tokyo di platform seperti Fb, e-mail atau komentar website setiap hari?” kata Mikhail dikutip keterangan pers yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (18/5/2018).

Comments