Cara Membuat Onigiri yang Sederhana dan Mudah, Bisa Dilakukan di Rumah

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta Cara membuat onigiri atau nasi kepal khas jepang ini ternyata tidak terlalu sulit. Onigiri merupakan nasi yang dikepal lalu dibalut dengan nori atau rumput laut. Menikmatinya saat makan siang sudah cukup mengenyangkan karena dikepal dengan cukup padat.

Di Indonesia sendiri, onigiri kerap disebut sebagai kembarannya lemper. Bedanya, cara membuat onigiri Jepang dari nasi dan dibungkus nori. Sedangkan lemper menggunakan ketan yang lebih gurih dan berisi ayam dengan dibungkus daun pisang.

Muat Lebih

  • Tak Hanya Dimakan, Kini Muncul Onigiri Dalam Bentuk Minuman
  • 7 Makanan Khas Jepang yang Populer, Cocok di Lidah Orang Indonesia
  • 5 Jenis Mie Khas Jepang Paling Terkenal, Tidak Hanya Ramen

Umumnya onigiri di Jepang untuk bekal ke sekolah, kantor, bahkan piknik. Isi onigiri kini juga makin beragam. Tak hanya nasi kepal, kamu juga bisa menikmati onigiri yang berisi tuna, ayam, hingga salmon.

Cara membuat onigiri sederhana tidak terlalu sulit, bahkan kamu bisa mengombinasikannya dengan berbagai bahan makanan yang kamu sukai. Berikut Dailymail.co.id rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/6/2019) cara membuat onigiri.2 dari 4 halaman

Onigiri atau Nasi Kepal khas Jepang

onigiri
ilustrasi onigiri/copyright Shutterstock

Mungkin kamu sering melihat onigiri saat menonton anime atau film jepang. Tidak seperti kebanyakan makanan Jepang lainnya yang dimakan dengan menggunakan sumpit, onigiri ini biasanya dimakan secara langsung dengan tangan kosong. Bahkan cara membuat onigiri bisa dilakukan dengan tangan kosong pula. Agar nasinya menempel dengan baik, maka onigiri ini biasanya dibuat dengan beras jepang yang cukup lengket dan agak mirip dengan nasi ketan.

Onigiri yang paling sering ditemukan biasanya dibuat dengan bentuk segitiga sama sisi. Namun ada juga yang membuatnya dengan bentuk yang lain seperti bulat, silinder, hingga berbentuk segi empat.

Onigiri tradisional biasanya hanya menggunakan isian berupa daging ikan salmon panggang atau umeboshi. Namun saat ini sudah banyak variasi bahan yang dijadikan isian onigiri, seperti tuna, ayam, telur, kroket, acar timun, tumis-tumisan hingga sayuran. Di Jepang onigiri sudah menjadi makanan wajib yang harus ada pada bekal anak sekolah.3 dari 4 halaman

Cara Membuat Onigiri Sederhana

onigiri khas jepang
onigiri khas jepang. (Istimewa)

Cara membuat onigiri sederhana ini tidak sulit. Sesuai dengan namanya, onigiri sederhana juga hanya memebutuhkan beberapa bahan yang mudah ditemukan dan cara membuat onigiri yang tidak merepotkan. Sebelum mengenal cara membuat onigiri sederhana, kamu harus mengumpulkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Cara membuat onigiri sederhana ini menggunakan isian telur dadar. Kamu bisa mengganti isiannya dengan bahan lainnya yang kamu suka.

Bahan membuat onigiri:

1. Nasi. Usahakan untuk menyediakan nasi campur ketan

2. Telur Dadar. Telur ini dipotong kecil-kecil terlebih dahulu.

3. Nori

4. Garam

Cara membuat onigiri sederhana:

Setelah bahan-bahannya dilengkapi, kamu bisa mengikuti cara membuat onigiri sederhana berikut ini:

1. Pertama-tama, masak nasi hingga matang dan kemudian diamkan sesaat hingga menjadi hangat.

2. Selanjutnya cuci tangan kamu sampai bersih karena semua proses pembuatannya akan menggunakan tangan kosong.

3. Setelah itu basahi kedua telapak tangan kamu dengan air matang agar nasi tidak mudah menempel di tangan saat membentuknya.

4. Dalam keadaan tangan masih basah, ambil garam secukupnya lalu oleskan di sekitar telapak tangan. Agar garamnya merata, gosokkan pada telapak tangan seperti gerakan mencuci tangan. Garam ini berfungsi untuk memberikan rasa asin pada onigirinya.

5. Ambil satu kepal nasi yang masih hangat lalu isi bagian tengahnya dengan telur dadar yang telah dipotong-potong tadi

6. Selanjutnya bentuklah nasi tersebut hingga menjadi berbentuk segitiga. Jika belum bisa membentuknya, maka kamu bisa menggunakan cetakan atau membuatnya menjadi berbentuk bulat dan bentuk lainnya yang sudah banyak dijual di pasar.

7. Setelah terbentuk, tempelkan lembaran nori pada onigiri tersebut. Tekan-tekan sedikit agar menempel pada nasi dan tidak mudah terlepas.

8. Onigiri sederhana ala Jepang sudah bisa kamu bawa untuk bekal.4 dari 4 halaman

Cara Membuat Onigiri Tuna

Onigiri
Ilustrasi/copyright shutterstock

Biasanya banyak onigiri yang diisi dengan isian tuna. Cara membuat onigiri tuna ini tidak terlalu sulit juga. Tidak jauh berbeda dengan cara membuat onigiri sederhana. Kamu bisa mempraktekkan cara membuat onigiri tuna ini di rumah. Syaratnya sama. Semua bahan yang diperlukan harus terpenuhi. Inilah bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat onigiri tuna:

  1. Nasi yang baru matang atau nasi pulen secukupnya
  2. 1 lembar nori persegi panjang yang telah potong-potong
  3. 1 kaleng ikan tuna
  4. 2 siung bawang putih, haluskan atau cincang sampai halus
  5. 4 buah cabai rawit yang telah diiris dengan tipis
  6. kecap manis secukupnya
  7. garam, gula dan merica bubuk secukupnya

Cara membuat onigiri tuna:

  1. Tumis bawang putih dan cabai hingga harum, masukkan ikan tuna kaleng dan hancurkan. Aduk rata dengan bumbu.
  2. Masukkan garam, gula, merica bubuk dan kecap manis secukupnya. Aduk rata.
  3. Siapkan nasi hangat dan nori. Ratakan nasi di atas plastik, isi dengan tuna dan kepal jadi segitiga. Lapisi dengan nori, jika tak bisa menempel, oles nori dengan air sedikit dan tempelkan pada nasi kepal.
  4. Lakukan hingga selesai
  5. Onigiri tuna sudah siap kamu nikmati.

Pos terkait