Cara Hasilkan Pundi-Pundi Uang Lewat Gim

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta ‘Main terusss!’, Sering dengar umpatan ayah atau ibu yang seperti ini tatkala melihat kamu bermain gim? Sepertinya kebanyakan memang seperti itu, ya!

Tak jarang umpatan itu berkelanjutan mengatakan tak ada hasil yang didapat dengan bermain gim. Padahal, mereka tak tahu bahwa video game bisa mendatangkan uang juga.

Muat Lebih

Mau tahu caranya? Ini dia ulasannya dari Swara Tunaiku.

1. Menjadi Live Streamer

Bermain gim secara real time sehingga seluruh orang bisa melihat permainanmu merupakan pengertian kasar dari live streamer. Pekerjaan ini sebenarnya mudah saja dilakukan. Kamu hanya perlu duduk, main game, dan mengoceh serta mengajak berinteraksi para audiens.

Lalu, dari mana uang bisa kamu dapatkan dengan jadi live streamer ini? Kamu bisa mendapatkannya dari iklan yang dipasang berbagai perusahaan karena tertarik dengan kamu. Selain itu, kamu juga bisa dapat uang dari donasi atau berlangganan streaming service tertentu yang jumlahnya tentu lumayan.

2 dari 3 halaman

2. Jurnalis Gim

Ilustrasi Game e-Sport
Ilustrasi Game e-Sport (iStockPhoto)

Selain itu, kamu juga bisa mendapat uang dengan menjadi jurnalis gim. Kamu bisa memulai dengan bergabung di situs yang telah ada dan mulai menulis berita, review, dan berbagai jenis konten jurnalistik lain mengenai suatu gim. Selain itu, kamu juga bisa meluncurkan situs sendiri yang berisi berita, review, dan artikel game tersebut.

Bila kamu menulis dengan bergabung di situs yang sudah ada, kamu akan mendapat penghasilan sebagai seorang freelancer. Bayaran yang akan kamu dapat adalah per artikel. Sedang bila kamu memiliki situs sendiri, kamu bisa mendapatkan uang dari monetisasi iklan dan donasi via Patreon yang jumlahnya pun lumayan.

3. Membuat Konten Walkthroug atau Tutorial

Bila dilihat sekilas, ini mirip dengan live streamer. Bedanya, di sini kamu tidak melakukannya secara real time. Kamu bisa membuat konten tentang turorial sebuah gim dan mengunggahnya di YouTube. Dengan ini, kamu bisa membantu banyak orang terlebih untuk gamer pemula mengerti gim tersebut.

Sering kali para gamer akan bingung pada level tertentu atau misi yang harus mereka lakukan pada gim tertentu. Dengan membuat video dari level atau misi tersebut, kamu bisa membantu mereka. Tentu saja, kamu bisa mendapatkan uang dari sana. Selain dengan video, kamu juga bisa menulisnya dan menjualnya dalam bentuk e-book.

3 dari 3 halaman

4. Gamer Profesional

Jadi Gamer Profesional, Monica Carolina Punya Gaji Rp159 Juta
Inilah kisah inspiratif dari Monica Carolina, gamer profesional yang bisa mendapatkan gaji hingga Rp159 juta. (Foto: Instagram Nixia)

Kalau kamu memiliki kemampuan bermain gim di atas rata-rata, banyak sekali kompetisi gim yang bisa kamu coba. Hadiah yang ditawarkan pun memiliki nominal yang fantastis. Salah satu kompetisi yang bisa kamu ikuti adalah South East Asian Cyber Arena atau SEACA yang pernah diadakan di Jakarta dan menawarkan hadiah dengan total 1,4 miliar.

Kamu bisa bergabung dengan tim e-sport juga untuk mendapatkan penghasilan lebih dari menjadi gamer profesional ini. Selain dari hadiah kompetisi yang kamu ikuti, kamu juga bisa mendapatkan uang dari sponsor.

5. Memainkan Game dengan Poin yang Bisa Ditukar

Ada beberapa game yang memiliki poin dan bisa kamu tukarkan dengan uang tunai. Misalnya saja Super Plunko, Deal or No Deal Slots, Bejewl Blizt, dan lainnya. Meski terkesan remeh, tapi ketahuilah, uang yang bisa kamu dapatkan dari profesi yang satu ini tak bisa dianggap remeh, lo!

Bagaimana dengan kamu? Masih bermain game namun tetap tak bisa mendapatkan uang darinya? Kalau begitu, cobalah lebih tekuni profesi di atas. Jika orang tua kamu masih belum mengerti, kamu bisa memberikan pengertian lebih dulu. Namun tentunya, kamu harus sungguh-sungguh melakukan hal di atas agar bisa mendapatkan uang, ya!

Pos terkait