Bukannya di Bawah, Letak Knalpot Motor Ini Dijamin Bikin Pengemudi Sesak Nafas

Aneh Tapi Nyata

Nonton Film / Aneh Tapi Nyata 10 Views comments

Modifikasi knalpot memang jadi keinginan pertama khususnya para lelaki supaya motornya terlihat keren. Seperti mengubah bentuknya atau menggunakan suara yang bikin telinga auto menutup dengan sendirinya. Tapi lain halnya dengan pria yang entah kepikiran dari mana memodifikasi knalpot dengan cara tak biasa.

Adalah meletakkan knalpot tepat di hadapan wajahnya. Fenomena yang masih belum tahu terjadi di mana tersebut, menarik perhatian orang-orang di sekitarnya. Bahkan, netizen pun juga tak kuat menahan jarinya untuk mencibir pria berbaju merah tersebut. Nah, penasaran kan dengan aksi pria itu? Cek deh ulasan di bawah ini.

Inilah aksi dari pria yang memasang knalpot tepat di depan wajahnya

Fenomena unik ini diunggah oleh akun instagram @dampittv. Di mana ada seorang pria yang sedang berboncengan dengan wanita. Awalnya biasa-biasa saja, tapi setelah dilihat oleh si perekam, knalpot yang seharusnya ada di bawah sebelah kanan malah dipasang di wajah pengemudi.

Si pengemudi berbaju merah ini tampaknya biasa-biasa saja. Padahal, ada banyak mata sedang tertuju padanya saat itu. Ditambah lagi ia menggeber-geber motornya, para pengguna jalan lain memandangnya dan terlihat kaget setelah mengetahui ada knalpot bertengger di depan wajahnya. Si pria juga seperti tak masalah ketika asap dari knalpot mengenai wajahnya. Duh, paru-parunya auto bengkak nih jangan-jangan~

Ada alasan mengapa knalpot diletakkan sebelah kanan bawah

Melihat kejadian di atas, rasa-rasanya ingin berkata kasar ya. Soalnya, peletakkan dari alat buang fuel motor ini sudah diatur dari pabrikan. Alasan pertama mengapa knalpot dipasang di kanan bawah adalah agar pengendara tidak terkena panas atau terluka saat menaiki atau menuruni motor, dilansir dari otosia.com. Pasalnya, setiap orang yang ingin naik atau turun dari motor rata-rata dari sebelah kiri bukan kanan.

Ada alasan kenapa knalpot di bawah [Sumber Gambar]
Untuk alasan berikutnya yakni supaya tidak mengganggu pernapasan si pengendara atau pengguna jalan lain. Ya, meskipun sebenarnya pengguna jalan lain masih bisa terpapar oleh asap dari knalpot, tapi itu tidak terlalu parah jika dibandingkan dengan yang dilakukan pria di video tadi. Ia akan menghirup asap tersebut yang pastinya membahayakan kesehatan tubuhnya. Dan bayangkan saja, kalau itu dilakukannya setiap hari.

Modifikasi knalpot boleh, asal…

Sebenarnya, modifikasi knalpot itu diperbolehkan saja kok. Tapi, harus menurut aturan yang berlaku. Jika menurut pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup no.7 Tahun 2009, ini berisi tentang kapasitas cc motor beserta tingkat kebisingannya. Jadi, jangan sampai kalian menaikkan degree kebisingan, padahal kapasitas cc motor cuma seuprit.

Modifikasi knalpot diperbolehkan asal ikut aturan [Sumber Gambar]
Lalu, ada lagi undang-undang yang mengatur secara khusus spesifikasi kelaikan teknis sistem pembuangan pada kendaraan. Hal ini termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 Pasal 14 ayat dua yang berbunyi sebagai berikut “Sistem pembuangan harus memenuhi persyaratan, yaitu dirancang dan dibuat dari bahan yang cukup kuat; arah pipa pembuangan dibuat dengan posisi yang tidak mengganggu pengguna jalan lain; asap dari hasil pembuangan tidak mengarah pada tangki bahan bakar atau roda sumbu belakang Kendaraan Bermotor; dan pipa pembuangan tidak melebihi sisi samping atau sisi belakang Kendaraan Bermotor.”

Modifikasi knalpot yang sembarangan bisa merusak mesin

Selain adanya aturan, modifikasi knalpot tidak dianjurkan karena bisa merusak mesin motor. Dijelaskan di detikOto, kerusakan akan lebih terasa apabila mesin standar dipasang menggunakan knalpot racing. Pasalnya, dibutuhkan campuran bensin yang lebih banyak agar tenaga mesin lebih baik. Beda lagi kalau menggunakan knalpot asli, maka aliran bahan bakar sudah diatur sedemikian rupa sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan apapun.

Modifikasi knalpot sembarangan bisa merusak mesin [Sumber Gambar]
Dari sana, mesin dari knalpot racing akan cepat panas lantaran pembakaran kering. Kalau ini dibiarkan, tentu bisa mempercepat keausan pada komponen mesin. Oleh sebab itu jika kalian ingin menggunakan knalpot racing harus melakukan beberapa modifikasi pada mesin. Tapi dengan catatan, perlu bertanya dulu kepada sang ahli.

BACA JUGA : Cowok Harus Tau! Beginilah Akibatnya Kalau Motor Kalian Menggunakan Knalpot Racing

Yap, jadi apa yang dilakukan pria tadi sebaiknya tidak ditiru ya Sahabat Boombastis. Sebab, itu sudah menyalahi aturan karena peletakannya yang ngawur. Apabila kalian ingin modifikasi knalpot atau yang lainnya, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada ahlinya. Jangan sampai merugikan diri sendiri apalagi sampai ditilang polisi.

Comments