BI Imbau Masyarakat Tak Borong Bahan Pokok Saat Ramadan

Koran Online

Daily News / Koran Online 39 Views comments

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta Menteri Pertanian Amran Sulaiman bisa menjaga stok pangan selama Ramadan.

Tidak hanya itu, JK juga meminta Amran bisa memetakan stok-stok yang ada di Indonesia agar jika terjadi kenaikan harga bisa teratasi

"Arahan Presiden dan Wakil Presiden, stok harus dijaga, kemudian kita petakan di Indonesia. Di mana stok berada dan siapkan distribusi manakala terjadi kenaikan harga," kata Amran di Kantor Wapres, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Mei 2018.

Amran pun melaporkan stok komoditas strategi, antara lain bawang merah, daging, bawang putih, beras, kemudian daging ayam, serta telur aman.

Lantaran, kata Amran, pihaknya sudah menyiapkan stok sebelum datangnya Ramadan. Kementerian Pertanian sudah siapkan tiga bulan sebelum Ramadan untuk cabai dan bawang.

"Kami laporkan ke Beliau bahwa stok kita posisi aman karena kita persiapkan dua bulan sebelumnya, bahkan tiga bulan sebelumnya,” ujar dia.

"Seperti kita tahu cabai, bawang, itu umur tiga bulan. Bisa dipanen lagi kita perhitungkan tiga bulan sebelumnya, sudah kita perhitungkan bahwa harus di atas 20 persen daripada kebutuhan di luar bulan suci Ramadan," ucap Amran. 

Dengan ada stok pangan yang sudah disiapkan oleh Kementerian Pertanian, Amran mengklaim tidak ada harga bahan pokok yang naik. "Kami siapkan. Jadi tidak ada alasan harga naik," ujar Amran. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Atas kenaikan harga sembako ini, pemerintah berjanji akan fokus menurunkan harga pangan pada saat puasa dan lebaran mendatang.

Comments