Bermesin Sama, Mending Suzuki Address atau Nex II?

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta Di kelas skutik, Suzuki fokus menawarkan motor di kelas 110 cc dengan dua pilihan model, yaitu Suzuki Address dan Nex. Untuk Address tersedia varian FI dan Playful. Sisanya diisi Nex II.

Bagi Anda yang bingung menentukan pilihan antara keduanya, sila baca ulasan berikut:

Muat Lebih

1. Suzuki Address

Skutik ini tak kalah tangguh dengan merek lain. Baik untuk Address FI dan Playful, punya mesin yang sama. Jantung mekanisnya 113 cc, 4-stroke, satu-silinder, air-cooled, SOHC fuel injection. Tak ada informasi lebih dari mesinnya itu. Di laman resminya, hanya mencantumkan 6,9 kW yang berarti punya daya 9,2 hp.

Torsinya? Menurut Suzuki mudah didapat di putaran rendah, karena menerapkan langkah pendek dan diameter silinder lebih besar. Klaim lainnya, irit bahan bakar. Address sanggup menempuh jarak lebih kurang 50 km dengan 1 liter bahan bakar. Kapasitas tangkinya menampung 5,2 liter. Dalam sekali pengisian full, berarti Address bisa menjangkau hingga 260 Km. Tentu hasil yang didapat bisa beda-beda, tergantung karakter pengendaranya.

Karena ditujukkan untuk skutik harian, Address punya dimensi yang kecil. Panjang 1.855 mm, lebar 655 mm dan tinggi 1.095 mm. Jarak sumbu rodanya 1.260 mm, ground clearance 120 mm dan tinggi tempat duduk 755 mm. Cocok untuk postur tubuh orang Indonesia, pria maupun wanita. Pelek menggunakan ukuran 14 inci dengan ban 80/90 di depan dan 90/90 belakang.

Fitur tidak banyak, tapi cukup menunjang kepraktisan setiap pengendaranya. Di antaranya bagasi berkapasitas 20,6 liter yang sanggup menampung helm full face. Berkat ukuran penampung barang yang besar itu, ia dinobatkan sebagai skutik dengan bagasi terluas di kelas 115cc. Selain itu, Address punya dua kompartemen di dek depan. Masing-masing bisa untuk meletakkan botol minum, kacamata maupun sarung tangan. Ada pula pengaman lubang kunci yang dilengkapi dengan kunci pembuka jok.

Area dek atau pijakan motornya luas dan besar. Bisa memberikan kenyamanan lebih buat pengendaranya, khususnya bagian kaki yang bisa leluasa bergerak. Di bagian atasnya, ada cantolan yang dapat dimanfaatkan untuk menaruh kantong belanjaan.

Perbedaan Suzuki Address FI dan Playful ada di sektor tampilan. Jok Playfull kombinasi dua warna dan knalpot ada aksen krom, sisanya beda warna dan grafis bodi. Ia juga punya banyak pilihan warna, maka itu harganya lebih mahal. Dibanderol Rp 16,5 juta dengan status on the road Jabodebek. Sedangkan Address FI tersedia 5 pilihan warna dan satu warna spesial, Black Predator. Masing-masing berharga Rp 16 juta dan 16,4 juta.

2. Suzuki Nex II

Suzuki NEX II resmi meluncir di IIMS 2018 (Yurike/<a rel=Dailymail.co.id)”/>

Sebenarnya ia punya spesifikasi yang serupa dengan Address. Mesinnya 113 cc dan punya tenaga maksimal 9,2 Tk. Secara dimensi, lebih panjang 5 mm, lebih lebar 20 mm, tapi lebih rendah 45 mm. Ia juga lebih ringan dari saudaranya, dengan bobot 93 kg. Kapasitas tangkinya hanya 3,6 liter dan bagasi tidak muat helm. Bobot yang ringan dan dimensi yang kompak itu, dapat berkontribusi terhadap konsumsi bahan bakar yang membuatnya irit.

Tampilan lebih sporty dan agresif ketimbang saudaranya dan dari generasi sebelumnya. Pencahayaan depan berteknologi LED dan ada port USB untuk mengisi daya smartphone di kompartemen kiri. Bagian bibir pelek diberi stiker berkelir cerah, biar kelihatan lebih keren.

Pilihan warna ada banyak dan dibagi menjadi empat varian. Seri Standard, Fancy Dynamic dan Sporty Runner punya tiga kelir sama; stronger red, titan black dan brilliant white. Beda hanya grafis pemanisnya. Elegant dipecah jadi dua, ada standar dan Premium. Masing-masing punya dua warna, Solid Black dan Mat Stellar Blue. Bedanya, Premium ada aksen krom di dek kaki dan cover knalpot.

Harga paling murah ada varian Standard dan Elegant dengan harga Rp 15,1 juta, diikuti varian Elegant Premium Rp 15,5 juta. Terakhir, varian Fancy Dynamic dan Sporty Runner dengan harga sama, Rp 15,8 juta.

Itulah deretan skutik dari Suzuki. Menggunakan mesin yang sama, dimensi dan bobot pun beda tipis. Harganya juga tidak terlampau jauh. Address punya bagasi luas, tapi Nex II lebih canggih. Sekarang tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan.

Sumber: Oto.com

Dailymail.co.id | Daily Mail Online:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan