Begini Trik Menjual Motor Bekas Agar Dapat Harga Bagus

Berita Otomotif

Otomotif / Berita Otomotif 59 Views comments

JawaPos.com – Agar memperoleh harga jual motor yang sesuai dengan ekpektasi, penjual motor bekas harus memenuhi beberapa syarat. Selain kondisi fisik motor yang masih bagus, kelengkapan dokumen juga menjadi faktor penentu, termasuk tipe dan merek.

Head of Operation Otomoto Susi Irawaty mengatakan, biasanya orang melihat fisik motor, kondisi mesin, dan kelengkapan dokumen seperti merek dan tipe motor untuk mendapatkan gambaran harga jual. Jika kondisi fisik motor masih bagus tetapi kelengkapan dokumennya tidak sesuai dengan keinginan pembeli maka bisa saja harganya turun.

"Tentu merek, lalu mannequin motornya apa, biasanya jadi pertimbangan. Termasuk histori perawatan motor yang dicek melalui bengkel rekanan, misalnya lewat catatan di bengkel resmi Yamaha atau di AHASS sehingga kualitas motor terjaga," kata Susi di Jakarta, Selasa (12/three)

Untuk dokumen sudah tentu ikut memengaruhi penawaran motor bekas. Biasanya pembeli melihat tahun motor, tahun STNK, BPKB, serta pajaknya apakah masih hidup atau tidak. Bila ada salah satu yang tidak aktif atau tidak ada otomatis harga motor akan tergerus.

"Kelengkapan surat-surat dan pajak motor itu penting. Siapa yang akan beli motor tanpa BPKB, tentu orang akan mikir. Atau ada juga yang malas jika pajak motor yang ingin dibeli sudah nunggak atau STNK mati. Kalau sudah cacat seperti ini, pasti harga motor turun," ujarnya.

Karena itu, ia menyarankan agar tidak asal menggunakan kendaraan bermotor tetapi juga memperhatikan waktu servis, masa berlaku dokumen kendaraan dan merawat fisik motor karena selain akan nyaman memggunakan motor dalam rutinitas, ia juga bisa jadi investasi yang bisa dijual dengan harga yang baik sesuai ekpektasi.

"Jadi kalau punya motor dirawat dengan baik. Bodinya, mesinnya, dan perhatikan masa berlaku surat-surat. Kan aman jadinya saat berkendara. Kalau ingin dijual harganya juga pasti kompetitif tidak turun banget," pungkasnya.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : Wilfridus Zenobius Kolo
Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Comments