Apakah Minyak Esensial Bisa Dipakai Oleh Bayi?

Halo Dokter

Kesehatan / Halo Dokter 37 Views comments

Minyak atsiri, atau yang lebih dikenal sebagai minyak esensial, telah bertahun-tahun dipercaya menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan. Atas dasar inilah, banyak orangtua yang tertarik memberikan minyak esensial untuk bayi mengingat ada beragam khasiat di dalamnya. Memangnya, aman atau tidak, ya?

Bolehkah bayi pakai minyak esensial?

Penggunaan minyak esensial pada orang dewasa sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya, tapi belum tentu demikian bila dipakai oleh bayi. Ya, tidak semua bayi diizinkan pakai minyak aromatik ini. Menurut American Association of Naturopathic Physicians minyak esensial tidak direkomendasikan bagi bayi yang berusia di bawah tiga bulan.

Itu artinya, Anda baru boleh memberikan minyak esensial untuk bayi setelah usianya melebihi tiga bulan. Begitu pula bagi bayi yang lahir prematur, pakaikan minyak alami ini setidaknya setelah usianya menginjak tiga bulan.

Sama seperti penggunannya pada orang dewasa, bayi yang diberikan minyak esensial juga akan mendapat bermacam-macam manfaat baik. Mulai dari mengusir kecemasan, memberi efek menenangkan, mempermudah bayi untuk tidur nyenyak, dan lain sebagainya.

Salah satu penelitian di tahun 2016 dari jurnal Academy of Breastfeeding Medicine, membuktikan bahwa aroma yang dihasilkan dari minyak lavender mampu meredakan rasa sakit sekaligus mengatur detak jantung bayi.

Sementara penelitian lainnya dari International Journal of Nursing Practice, menyatakan bahwa minyak lavender juga dapat meredakan gejala kolik pada bayi.

obat mual

Perhatikan ini sebelum pakaikan minyak esensial untuk bayi

Sebelum memberikan minyak esensial untuk bayi, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana aturan pakai yang tepat.

Anda tidak bisa serta-merta langsung memakaikan semua jenis minyak esensial untuk bayi. Terutama minyak esensial yang murni, karena hal ini justru dapat membahayakan kulit bayi yang masih sangat sensitif.

Sebagainya gantinya, sebaiknya campurkan minyak esensial bersama dengan minyak pelarut yang disarankan. Ambil contoh, minyak grapseed (biji anggur), minyak kelapa, minyak biji bunga matahari, minyak jojoba, dan lainnya.

Setelah dicampurkan pun, minyak esensial masih berisiko mengakibatkan iritasi kulit pada bayi. Maka itu, Anda disarankan melakukan uji tempel dulu sebelum benar-benar mengaplikasikannya ke tubuh si kecil.

Caranya dengan memakaikan sedikit saja minyak esensial yang telah dicampur bersama minyak pembawa pada kaki atau tangan bayi, kemudian tunggu sampai sekitar 24 jam guna melihat reaksi yang ditimbulkan.

Jika muncul reaksi alergi atau sensitif, seperti kulit memerah, sakit saat disentuh, hingga mengalami peradangan yang membuat si kecil rewel, sebaiknya jangan lanjutkan pemakaian. Namun bila sebaliknya, kulit bayi tampak cocok dan tidak bermasalah dengan minyak esensial, Anda bisa terus menggunakannya.

Bagaimana cara pakai minyak esensial untuk bayi?

Tidak melulu harus diaplikasikan langsung pada kulit halus nan lembut bayi, ada berbagai cara praktis lainnya menggunakan minyak esensial untuk bayi:

1. Sebagai minyak pijat

cara pijat bayi

Sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam memijat bayi, tapi setidaknya ada beberapa langkah yang umumnya sama. Pertama-tama, mulai dengan menuangkan beberapa tetes minyak esensial dan minyak pembawa ke telapak tangan Anda sesuai kebutuhan.

Selanjutnya, gosok kedua telapak tangan sampai minyak campuran tersebut merata dan terasa hangat. Gosokkan dengan lembut minyak tersebut langsung pada kulit bayi, mulai dari kaki, tangan sampai ke badan.

Tidak perlu digosok terlalu kuat, yang penting si kecil nyaman dengan pijatan yang Anda berikan.

2. Sebagai campuran saat mandi

memandikan bayi

Cara ini bisa dipakai dengan mencampurkan beberapa tetes minyak campuran dari minyak esensial dan pembawa ke dalam bak mandi bayi. Selain memberikan sensasi yang berbeda saat mandi, bayi biasanya jadi lebih tenang sehingga gampang tidur setelahnya.

three. Sebagai pengharum saat tidur

bayi tersenyum saat tidur

Khasiat minyak esensial pun bisa didapat hanya dengan menghirup aromanya. Caranya dengan memasukkan minyak yang telah dicampur ke dalam sebuah wadah khusus, entah itu semprotan atau diffuser yang mampu melepaskan aroma minyak aromatik ini ke udara.

Semprotan minyak campuran maupun letakkan alat diffuser dalam kamar tidur si kecil. Trik ini akan membantu melegakan pernapasan bayi sekaligus membuat tidurnya lebih nyenyak.

The publish Apakah Minyak Esensial Bisa Dipakai Oleh Bayi? appeared first on Hello Sehat.

Comments