Amalan Pelebur Dosa Sebelum Tidur di Bulan Ramadan

Nasional

Berita / Nasional 41 Views comments

3. Memaafkan kesalahan orang lain

Allah berfirman,

 رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آَمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

“Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang”. (QS. Al Hasyr: 10)

Menurut sebuah kisah, Rasulullah SAW pernah memberi petunjuk kepada sahabatnya mengenai seorang hamba yang dijamin masuk surga. Rupanya, amalan yang dilakukan oleh orang tersebut begitu sederhana.

Amal yang dilakukannya hingga membuatnya dijamin masuk surge hanyalah ia tidak hasad, justru suka memaafkan orang lain. Menjelang tidur, ia memaafkan setiap orang yang bersalah padanya dan ia membersihkan hati dari segala rasa iri. Ia juga tidak pernah merasa iri dengan kenikmatan yang Allah berikan kepada orang lain.

4. Membaca selawat

Berdasarkan sebuah hadis, satu selawat yang dilantunkan sebelum tidur, Allah balas dengan sepuluh kebaikan.

Membaca selawat secara rutin bahkan bisa membuat sang pembaca bermimpi melihat Rasulullah SAW.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Syaikh al-Fakhihani berkata, ‘Telah aku coba untuk membaca shalawat Ruhul Arwah sebelm tidur hingga aku tertidur, dan dalam tidur itu aku bermimpi melihat wajah Rasulullah Noticed yang mulia dan penuh keindahan, melebihi indahnya rembulan, dan aku sempat berbicara kepada beliau, kemudian beliau  sirna dalam keindahan cahaya rembulan.”

Adapun lafaz selawat Ruhul Arwah adalah sebagai berikut;

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى رُوْحِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فىِ اْلأَرْوَاحِ وَعَلَى جَسَدِهِ فِى اْلأَجْسَادِ وَعَلَى قَبْرِهِ فِى اْلقُبُوْرِاَللَّهُمَّ اَبْلِغْ رُوْحَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مِنِّيْ تَحِيَّةً وَسَلاَمًا

Allohumma sholli ‘ala ruhi sayyidina muhammadin fil arwahi wa ‘ala jasadihi fil ajsadi wa ‘ala qobrihi fil quburi. Allohumma abligh ruha sayyidina muhammadin minni tahiyyatan wa salaman.

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada ruh junjungan kami Nabi Muhammad Saw dalam setiap ruh, kepada jasadnya dalam setiap jasad, kepada kuburannya dalam setiap kuburan. Ya Allah, sampaikan kepada ruh junjungan kami Nabi Muhammad Noticed dariku penghormatan dan salam.”

Comments