Ada Meme ‘Joker’ tentang Dirinya, Anies: Saya Hargai Ekspresinya

  • Whatsapp

Jakarta – Muncul meme bergambar Gubernur Anies Baswedan yang berriasan wajah Joker. Anies sendiri tak terlalu menghiraukan, namun memahami itu bagian dari ekspresi di negara demokratis.
“Itu hak mereka. Jadi kita negara demokrasi, kita negara yang menghargai perbedaan pendapat. Dan saya menghargai mereka yang mengekspresikan dengan dengan caranya. Karena itulah cara mereka mengekspresikannya,” kata Anies kepada wartawan di arena Kongres II Partai NasDem, JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019).
Kata dia, tugas utamanya adalah menjalankan pemerintahan. Di ranah publik, pastilah ada orang yang berkomentar, menulis, termasuk menggambar. Hak itu bisa digunakan sesuai karakter ekspresi masing-masing.
“Saya cara mengekspresikannya dengan menghargai orang. Itu cara saya mengekspresikan. Ada orang lain yang mengekspresikan dengan caranya, ya nanti dia yang mempertanggungjawabkan kepada pembacanya, pada pendengarnya. Itu bukan hal yang menjadi perhatian saya. Saya lebih konsentrasi pada yang menjadi tugas saya. Itu saja,” kata Anies.
Gara-gara meme itu, pakar komunikasi Ade Armando dipolisikan oleh anggota DPD RI Fahira Idris. Ade sendiri mengaku bukan sebagai pembuat meme 'Joker' Anies itu, namun dia mengakui mengunggahnya di akun media sosial. Baginya, unggahan tersebut merupakan kritikan terhadap Anies karena munculnya anggaran aneh di DKI.
“Anies Baswedan memang harus dikecam secara terbuka akibat anggaran Aica Aibon dan bolpen yang tidak masuk di akal. Itu merupakan penghamburan yang rakyat yang luar biasa. Menurut saya, apa yang dilakukannya jahat,” ucap Ade kepada wartawan, Jumat (1/11/2019).
(dnu/idn)

Related posts

Leave a Reply