9 Tempat Wisata di Ciamis yang Populer, Cocok untuk Liburan Keluarga

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta Tempat wisata di Ciamis memang tak sepopuler seperti kota-kota wisata lainnya seperti Bandung, Jogja, bahkan Bali. Namun ketika mengunjungi salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat, ada beberapa tempat wisata yang tak kalah mengakumkan.

Merupakan salah satu wilayah yang mengalami pemekaran, tak menutup rasa berpetualang kamu di Ciamis ini. Ternyata ada beberapa tempat wisata di Ciamis populer yang wajib banget kamu kunjungi.

Read More

Beberapa di antara tempat wisata di Ciamis cocok dijadikan sebagai wisata keluarga. Lokasi Ciamis pun terbilang strategis, karena berada di jalur antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Ketika kamu melewati kabupaten ini, tak ada salahnya menyempatkan berkunjung ke beberapa tempat wisata di Ciamis yang memesona. Berikut ada 9 tempat wisata di Ciamis yang telah Dailymail.co.id rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/11/2019).

Wisata Alam Bahari di Ciamis: Situ Lengkong Panjalu dan Green Canyon

Sejumlah pengunjung memadati lokasi wisata Green Canyon di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (17/5/2015). Nama asli Green Canyon adalah Cukang Taneuh yang berarti jembatan tanah. (<a href=\Dailymail.co.id/Andrian M Tunay)”/>Situ Lengkong Panjalu

Tempat wisata di Ciamis populer pertama yang wajib dikunjungi adalah Situ Lengkong Panjalu. Tempat ini merupakan destinasi yang menggabungkan antara reksreasi dan wisata budaya.

Berkunjung ke sini kamu akan disuguhi pemandangan indah situ yang punya pulau di tengahnya, yaitu Nusa Larang. Untuk nuansa budaya yang bisa ditemukan di sini adanya sejarah dari Kerajaan Panjalu.

Kerajaan Panjalu merupakan cikal bakal adanya kawasan tersebut. Pulau yang terletak di tengah danau tersebut juga terdapat makam Hariang Kencana, putra dari Hariang Borosngoro.

Tak heran, beberapa waktu tertentu diadakan semacam upacara adat bernama Nyangku. Momen itu akan dijadikan sebagai hari untuk membersihkan benda-benda pusaka melalui upacara adat.

Green Canyon

Saat berkunjung ke Ciamis, tak ada salahnya untuk sedikit melipir ke Pangandaran dan berkunjung ke Green Canyon. Nama tempat ini merupakan sebuah julukan yang disebut-sebut kembaran dari Grand Canyon di Amerika.

Mengunjungi tempat wisata di Ciamis ini kamu akan disuguhkan air sungai berwarna hijau tosca yang jernih. Kanan kiri sungai diapit dengan tebing batu yang menjulang tinggi. Ada berbagai cara menikmati keindahan alam Green Canyon, salah satunya dengan menaiki perahu, berenang, dan body rafting.

Wisata Alam Bahari di Ciamis: Pantai Pangandaran dan Curug Tujuh Cibolang

Pesona pagi di kawasan Pantai Timur Pangandaran, Jawa Barat. (<a href=\Dailymail.co.id/Huyogo Simbolon)”/>Curug Tujuh Cibolang

Tempat wisata di Ciamis berupa alam bahari selanjutnya yang wajib dikunjungi, yaitu Curug Tujuh Cibolang. Penamaan curug ini tidak berasal dari jumlah terjunan air yang jumlahnya mencapai tujuh dan berada saling berdekatan.

Ketika kamu mengunjungi Curug Tujuh Cibolang, kamu akan merasakan ketenangan lengkap dengan udara pegunungan yang sejuk. Tujuh terjunan air di curug ini memiliki namanya masing-masing antara lain Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh.

Pantai Pangandaran

Sebelum kawasan Pangandaran berdiri sendiri sebagai kabupaten, Pantai Pangandaran sangat populer di Ciamis. Namun, setelah kawasan Pangandaran berdiri sendiri secara otomatis pantai ini menjadi milik kabupaten Pangandaran.

Pantai ini sangat populer dan minati pengunjung karena terkenal dengan matahari terbit dan terbenamnya yang indah. Pantai ini dikenal memiliki fase pasang surut yang relatif lama sehingga meskipun posisinya berada di selatan Jawa, namun masih cukup aman untuk bermain-main di perairannya.

Wisata Taman di Ciamis: Alun-alun hingga Taman Raflesia

Alun-alun Ciamis / Sumber: WikimediaAlun-alun Ciamis

Walaupun kamu tak memiliki banyak waktu untuk mengelilingi tempat wisata di Ciamis, namun kamu tak boleh ketinggalan untuk mengunjungi Alun-alun Ciamis. Layaknya alun-alun yang terdapat di setiap wilayah, Alun-alun Ciamis selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena kamu bisa melakukan beragam aktivitas.

Taman Surawisesa Kawali

Taman Surawisesa Kawali merupakan obyek wisata yang memiliki area ruang terbuka hijau. Biasanya taman ini ramai dikunjungi wisatawan, baik dari warga lokal hingga luar daerah untuk berekreasi.

Di taman ini kamu bisa melakukan beragam aktivitas menarik, mulai dari menyewakan mainan untuk anak hingga menikmati sajian kuliner yang dijual oleh pedangan di sekitaran taman tersebut.

Taman Raflesia

Wisata taman di Ciamis lainnya yang bisa dinikmati adalah Taman Raflesia. Taman ini merupakan sebuah taman yang memiliki air mancur yang menjadi bangunan nostalgia monumental bagi kabupaten Ciamis dan Pangandaran.

Sesuai dengan namanya, bunga Bangkai atau bunga Raflesia memang pernah ditemukan di Pangandaran saat wilayah ini masih menjadi bagian dari Ciamis. Walaupun sudah berpisah dengan Pangandaran, namun Taman Raflesia ini masih menjadi salah satu ikon Ciamis.

Wisata Peninggalan Sejarah di Ciamis: Ciung Wanara dan Kampung Kuta

Ciung Wanara

Ciamis terbentuk tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Galuh yang menjadi cikal bakal daerah ini. Maka tidak heran jika kabupaten ini banyak ditemukan situs peninggalan dari zaman kerajaan tersebut.

Salah satu tempat wisata di Ciamis yang wajib kamu kunjungi untuk mengenal sejarah Ciamis adalah Situs Karangmulyan atau yang disebut dengan Ciung Wanara. Ciung Wanara merupakan sebuah situs purbakala dan juga arkeologi.

Kampung Kuta

Kampung Kuta merupakan destinasi wisata yang sarat akan nilai sejarah Ciamis yang bisa kamu coba kunjungi. Walaupun namanya Kampung Kuta, namun letak tempat wisata ini berada di Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Cimais, Jawa Barat.

Mengunjungi kampung wisata ini, kamu bisa merasakan tingginya kearifan lokal dan budaya nenek moyang. Dikenal sebagai Kampung Kuta karena masyarakatnya masih memegang teguh budaya tabu terhadap sesuatu yang baru.

Salah satu yang paling menonjol adalah warganya masih sangat taat dalam melestraikan hutan dan mempertahankan kelestraian mata air serta pohon aren sebagai sumber kehidupan. Untuk merasakan dan mengenal lebih dekat, kamu bisa menginap di kampung ini guna mengikuti segala kegiatan yang mereka lakukan.

Related posts

Leave a Reply