9-12-2009: Misteri Penampakan Aneh di Langit Norwegia, UFO atau Misil Rusia?

Nasional

Berita / Nasional 78 Views comments

Liputan6.com, Oslo - Jelang fajar, Rabu 9 Desember 2009, penampakan aneh terpantau di langit wilayah Tromso, Norwegia. Sejumlah saksi mata mengaku melihat spiral cahaya putih, yang berputar di sekitar objek mirip bulan atau bintang yang terang benderang.

Sebelum spiral itu terbentuk, dilaporkan muncul cahaya biru dari belakang gunung.

Kemudian, sinar itu berhenti di udara, 'meledak' jadi bola cahaya berwarna putih dan mulai bergerak melingkar ke arah luar.

Seperti dikutip dari Fox Information, pemandangan luar biasa itu hanya berlangsung dua menit. Kemudian hilang tanpa bekas. Namun, ribuan orang dilaporkan menyaksikannya, dari Finnmark di utara hingga ke Trondelag di ujung selatan.

Meski singkat, pemandangan spektakuler itu sempat diabadikan lewat kamera oleh Jan Petter Jorgensen. Saat kejadian, pria itu sedang dalam perjalanan ke pabrik salmon.

"Cahaya itu terlihat dua hingga tiga menit. Awalnya aku tak mempercayai apa yang kulihat, merinding, dan cukup terguncang akibatnya," kata Jorgensen.

Badan meteorologi Norwegia dibanjiri panggilan telepon yang mempertanyakan, apa gerangan cahaya misterius tersebut. Spekulasi pun menyeruak, dari misil Rusia yang salah tembak, bola api meteor, jenis cahaya utara yang belum pernah dilihat sebelumnya, lubang hitam, bahkan UFO atau aktivitas yang melibatkan alien.

Erik Tandberg, kepala ilmuwan di Norwegian Area Middle mengaku 'tercengang' dengan kemunculan cahaya tersebut.

Meski penyebab pasti kala itu belum diketahui, ia sepakat dengan para ahli lainya, bahwa penampakan cahaya spiral itu bisa jadi disebabkan misil yang ditembakkan Rusia.

Di sisi lain, Moskow menolak mentah-mentah tuduhan sebagai biang penampakan misterius di langit Norwegia.

Simak video pilihan berikut: 

Rekaman bayangan misterius yang muncul pada panggilan video seorang wanita. Diduga bayangan tersebut adalah hantu atau alien.

Comments