TERNYATA WANITA YANG GEMAR OLAHRAGA MEMBUTUHKAN ASUPAN MAKANANNUTRISI KHUSUS

TERNYATA WANITA YANG GEMAR OLAHRAGA MEMBUTUHKAN ASUPAN MAKANAN/NUTRISI KHUSUS

Wanita memiliki sistem tubuh yang sangat berbeda dari pria. Itu sebabnya wanita juga tertarik dengan dunia olahraga, tapi juga porsi dan takaran nutrisinya berbeda-beda.
Wanita yang rutin berolahraga memiliki banyak kebutuhan nutrisi khusus. Kebutuhan nutrisi wanita yang melakukan olahraga teratur harus ditingkatkan.

Ini karena wanita berisiko menderita kekurangan nutrisi. Tetapi ini tidak berarti bahwa seorang pria benar-benar kebal, hanya karena seorang wanita memiliki siklus yang terus menerus dalam tubuhnya, maka sangat penting baginya untuk menjaga nutrisinya agar tidak ikut campur.

Nutrisi untuk wanita dalam melakukan olahraga dibutuhkan kalsium dan zat besi. Pengendalian berat badan dan gangguan makan juga menjadi perhatian bagi wanita untuk melakukan olahraga, dan wanita membutuhkan nutrisi ini agar tubuh mereka berfungsi dengan baik.

Masih belum ada penjelasan lain untuk ini, namun pada kenyataannya wanita sangat sensitif mengenai berat badan. Jadi berat badan normal akan memberi Anda rezim psikologis yang sehat.

Kalsium merupakan salah satu mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan. Dalam olahraga, penting untuk mengoordinasikan otot dan pikiran. Ini juga membantu dalam mengontrak otot dan mentransmisikan impuls saraf.

Hal lain yang sangat membantu adalah mengembangkan dan memelihara tulang yang kuat. Ini benar-benar akan memainkan peran besar dalam menyehatkan olahraga wanita.

Mendapatkan jumlah kalsium yang cukup selama masa anak-anak dan dewasa penting untuk pertumbuhan massa tulang yang optimal di usia pertengahan dua 20 tahun awal 30 tahun. Ini kemudian akan membantu Anda mengurangi risiko terkena osteoporosis atau penipisan tulang.

Beberapa wanita yang berolahraga berisiko kekurangan asupan kalsium, sementara beberapa wanita berisiko terkena osteoporosis dini karena tidak memiliki jumlah kalsium yang tepat, atau siklus menstruasi yang tidak teratur. Secara meyakinkan, nutrisi olahraga untuk wanita harus mengandung kalsium dalam jumlah yang lebih tinggi.

Ada daftar jumlah kalsium makanan yang direkomendasikan untuk atlet wanita menurut usia mereka. Untuk anak perempuan usia 12 hingga 15 tahun, mereka harus mengonsumsi setidaknya 1.000 miligram kalsium sehari. Di sisi lain, remaja berusia antara enam belas dan delapan belas tahun harus mendapat asupan kalsium harian normal delapan ratus miligram. Bagi wanita yang sedang menstruasi, mereka juga harus mengonsumsi delapan ratus miligram kalsium per hari.

Wanita pascamenstruasi harus mendapatkan setidaknya seribu miligram kalsium sehari, sedangkan wanita hamil dan menyusui harus mendapatkan seribu dua ratus miligram sehari.

Dan yang tak kalah pentingnya, atlet wanita dengan menstruasi tidak teratur harus mendapatkan setidaknya 1.500 miligram sehari. Sangat berbahaya bagi seorang wanita untuk tidak mendapatkan jumlah kalsium yang dia butuhkan untuk berfungsi secara normal. Zat besi mineral digunakan dalam pembentukan hemoglobin yang penting untuk menahan oksigen dalam darah saat diangkut ke berbagai bagian tubuh.

Atlet lebih mungkin mengalami kekurangan zat besi daripada siapa pun di dunia. Wanita berisiko lebih tinggi karena mereka masih kehilangan darah selama siklus menstruasi. Selain olahraga berat, ini berkontribusi pada hilangnya zat besi melalui penghancuran sel darah merah. Asupan zat besi yang tidak mencukupi dikaitkan dengan penurunan kinerja atletik. Nutrisi olahraga bagi wanita membutuhkan zat besi dalam jumlah besar.

Menjaga tingkat lemak tubuh wanita tetap rendah adalah tujuan banyak atlet wanita. Lemak berlebih dapat merusak kinerja. Namun, kurang atau tidak ada lemak akan sepenuhnya memengaruhi tingkat energi seorang atlet. Energi yang rendah juga berpengaruh pada performa wanita, sehingga sangat penting bagi wanita untuk menjaga nutrisi dalam tubuh dan mengikuti nutrisi olahraga wanita untuk tampil sebagai bintang yang telah lama dicari oleh wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *