6 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta Merasakan cuaca panas sudah menjadi hal yang biasa dirasakan bagi seseorang yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia ini. Dan untuk mendapatkan kesegaran di tengah-tengah hari yang terik atau panas, salah satunya dengan memasang AC atau air conditioner.

AC merupakan salah satu alat pendingin udara. AC merupakan sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan pada suatu area. Penggunaan AC dimaksudkan untuk memperoleh temperatur udara yang diinginkan (sejuk atau dingin) dan nyaman bagi tubuh.

Muat Lebih

Tak hanya membuat udara menjadi lebih sejuk, AC juga dapat meningkatkan kualitas udara. Memiliki fungsi utama untuk menyejukkan udara atau membuat udara menjadi sejuk, maka tak heran banyak orang di kota-kota besar kerap menggunakannya. Namun, pada penggunaan AC sering terjadi suatu permasalahan pada pemakaiannya.

Ya, sering kali AC menjadi tidak dingin saat sedang beroperasi. Apa yang menyebabkan AC menjadi tidak dingin? Ada beberapa penyebab AC tidak dingin. Tak jarang penyebabnya berasal dari kesalahan dalam penggunaannya. Nah, berikut ini Dailymail.co.id, Minggu (14/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa penyebab AC tidak dingin yang sering disepelekan.

2 dari 7 halaman

Ruangan yang Dibiarkan Terbuka

Penyebab AC Tidak Dingin
Ruangan Terbuka / Sumber: iStockphoto

Penyebab AC tidak dingin pertama yang sering terjadi dan dianggap sepele adalah dengan membiarkan ruangan terbuka. Ya, saat menyalakan AC kamu perlu memastikan kalau pintu dan jendela ruangan sudah tertutup dengan rapat. Apabila kamu membiarkan ruangan dengan AC tak tertutup dengan rapat, maka akan berpengaruh pada suhu runagan sehingga terasa tidak dingin.

Nah, untuk mengatasinya, kamu hanya perlu menutup pintu dan jendela saat AC sedang dinyalakan. Jangan lupa untuk selalu menutup kembali saat sedang meninggalkan ruangan.

3 dari 7 halaman

Ukuran AC yang Tak Sesuai dengan Luas Ruangan

Penyebab AC Tidak Dingin
Ukuran Ac Atk Sesuai dengan Ruangan / Sumber: iStockphoto

Hal sepele lainnya yang menjadi penyebab AC tidak dingin adalah ukurannya yang tidak sesuai. Pemilihan ukuran yang salah atau tidak tepat, juga menjadi penyebab ruangan kamu menjadi tidak dingin walaupun AC sudah dinyalakan.

Ya, AC yang terlalu kecil dan diletakkan pada ruangan yang luas maka tidak akan memberikan udara dingin secara merata. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengganti ukuran AC dengan yang lebih besar. Selain cara tersebut, kamu juga bisa menggunakan AC lebih dari satu pada ukuran ruangan yang besar untuk mendapatkan dingin yang merata.

4 dari 7 halaman

Pengaturan Termostat yang Salah

Penyebab AC Tidak Dingin
Pengaturan yang Salah / Sumber: iStockphoto

Penyebab AC tidak dingin lainnya yang kerap disepelakan adalah kesalahan dalam menetapkan suhu. Misalnya saja kamu memiliki kondisi ruangan dengan suhu 23 derajat celsius. Namun kamu mengatur suhu AC 26 derajat celcius.

Kesalahan dalam mengatur inilah yang menyebabkan ruangan tidak dingin, karena AC mengeluarkan suhu yang lebih tinggi dari suhu ruanganmu.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu mengatur suhu AC dengan tepat. Kamu perlu mengatur suhu AC lebih rendah daripada suhu ruangan kamu. Cara lain untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin adalah dengan mengatur Ac melalui remote dengan setting ‘cool’.

5 dari 7 halaman

Filter AC yang Kotor

Penyebab AC Tidak Dingin
Filter AC / Sumber: iStockphoto

Selain kebiasaan tersebut yang menyebakan AC tidak dingin, ada penyebab AC tidak dingin lainnya adalah karena filter AC yang tidak bersih alias kotor. Ya, salah satu unsur yang mendukung kinerja AC dalam menghantarkan suhu dingin adalah filter AC.

Filter pada AC berguna untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada di dalam udara AC. Bila dibiarkan terlalu lama, maka kotoran tersebut akan menyumbat saringan filter sehingga udara dingin tidak mampu menembus keluar.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu untuk membersihkan filter AC secara rutin. Paling tidak membersihkan filter AC sebulan sekali agar filter bersih dari kotoran. Sebelum membersihkannya, pastikan kamu untuk menutup barang-barang di sekitar AC agar tidak kotor. Setelah bersih, pasangkan kembali filter pada AC.

6 dari 7 halaman

Kondensor AC yang Kotor

Penyebab AC Tidak Dingin
Kondensor AC / Sumber: iStockphoto

Selain filter AC yang kotor, kondensor yang kotor juga menjadi penyebab AC tidak dingin. Kondensor AC ini terletak di bagian luar yang memiliki kegunaan untuk memanaskan gas refrigerant atau Freon pada suhu tertentu.

Sama halnya dengan filter, apabila kondensor kotor, maka tidak akan bisa melakukan proses pendinginan secara sempurna. Untuk itu, kamu perlu membersihkan kondensor secara rutin agar terhindar dari AC yang tidak dingin. Kamu bisa melakukannya sendiri tanpa perlu teknisi ahli.

Kamu hanya perlu membersihkannya dengan menggunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran yang ada di kondensor. Cara mengatasi lainnya adalah dengan menutup kondensor menggunakan kain, apabila kamu tidak menggunakan AC dalam waktu yang lama. Cara ini berguna agar kondensor tidak menjadi penyebab AC tidak dingin.

Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan peletakan kondensor dengan tidak meletakkannya dekat dengan tanaman hias dan ranting pohon.

7 dari 7 halaman

Refrigerant yang Habis atau Bocor

Penyebab AC Tidak Dingin
Refrigerant / Sumber: iStockphoto

Refrigerant merupakan gas yang berguna dalam proses pendinginan ruangan. Nah, apabila refrigerant ini habis maka akan memunculkan penyebab AC tidak dingin. Ciri-cirinya adalah terjadi pembekuan es pada pipa AC, Ac bocor, dan timbul suara mendesis akibat kebocoran.

Bila hal ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, bisa membahayakan kesehatan tubuh seperti gangguan pernapasan hingga kematian. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, kamu bisa menghubungi teknisi AC untuk memperbaikinya.

Pos terkait