6 Jurus Ampuh Melawan Ngidam Makan yang Serba Asin dan Manis

Halo Dokter

Kesehatan / Halo Dokter 30 Views comments

Makanan manis dan asin memang sangat nikmat di lidah. Coklat, keripik, gorengan, minuman manis, cake, siapa yang tidak suka? Makanan enak dan kekinian yang serba manis asin bahkan bisa membuat ketagihan sampai ngidam terbawa mimpi. Padahal jika ngidam makanan ini terus dituruti, tubuh Anda yang bakal kedapatan getah merugikannya nanti.

Memang, apa efeknya bagi tubuh?

Gula dan garam adalah bumbu dapur yang perannya tidak usah diragukan lagi untuk membuat cita rasa makanan jadi lebih nikmat. Keduanya juga dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya, tapi tentu dalam jumlah yang wajar.

Kebanyakan makan makanan asin dan yang tinggi garam sodium dalam jangka panjang telah dibuktikan oleh banyak penelitian ilmiah meningkatkan risiko penyakit kronis seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke, hingga gangguan ginjal.

Sementara konsumsi makanan manis berlebihan terkait dengan peningkatan risiko kerusakan gigi, obesitas, diabetes, hingga kanker tertentu seperti kanker kerongkongan.

Ideas menghentikan ngidam makanan manis dan asin

1. Jangan lewatkan waktu makan

waktu makan tak teratur sebabkan penyakit jantung

Salah satu cara paling jitu untuk melawan ngidam makanan yang serba asin dan manis adalah dengan makan tepat waktu, ungkap seorang ahli gizi dari Cleveland Clinic, Anna Tylor, MS RD, LD.

Pasalnya, perut yang dibiarkan kosong selama berjam-jam membuat tubuh kekurangan gula darah. Hal ini kemudian memicu otak membunyikan alarm bahaya dalam bentuk “kelaparan” supaya Anda cepat mencari makanan.

Gula dan natrium adalah zat yang bisa cepat menaikkan gula darah. Itu kenapa ketika Anda kelaparan atau sedang bosan, tangan rasanya gatal untuk membeli kue atau gorengan di pinggir jalan.

Maka, pastikan Anda selalu sarapan, makan siang, dan makan malam teratur setiap hari. Kalau bisa selalu di waktu yang sama agar gula darah tetap stabil sepanjang hari.

Namun bukan cuma itu kuncinya. Anda juga perlu isi piring makan Anda dengan sumber makanan yang gizinya bervariasi, mulai dari serat, protein, karbohidrat, hingga vitamin dan mineral.

2. Banyak minum air putih

Ketika ngidam makanan mulai menggerogoti jiwa, baiknya Anda cepat-cepat minum segelas air putih. Jangan malah langsung menurutinya dengan makan atau minuman manis, semisal permen, es teh manis atau bahkan soda.

Asupan gula dam garam berlebihan malah akan menghambat produksi hormon leptin yang tugasnya memberi tahu otak bahwa Anda sebenarnya sudah cukup makan. Ketika hormon leptin dihambat, maka kita tidak akan merasa kenyang sehingga seolah-olah lapar terus. Akhirnya, Anda malah akan terus makan berlebihan.

Minum air putih bisa membantu melawan ngidam makanan yang tidak sehat. Rutin minum air putih melancarkan kerja sistem pencernaan mengolah makanan sehingga mengendalikan nafsu makan.

 

three. Siasati dengan makanan lain

kecanduan makanan manis

Alih-alih menyetok permen atau keripik kentang di kulkas, ganti dengan makanan yang lebih aman untuk gula darah untuk mengakali lidah yang telanjur “terprogram” selalu ingin gula atau garam.

Misalnya, buah segar, buah kering, buah beku, yogurt, dan coklat hitam (dark chocolate) jika Anda sedang ingin yang manis-manis.

Ketika ingin makan yang serba asin atau gurih, pilihlah kacang edamame rebus, irisan alpukat, biskuit gandum tawar, keju, popcorn tawar, atau kacang panggang.

4. Atur waktu tidur

tidur nyenyak setiap malam

Melawan ngidam makanan tidak cukup hanya dengan mengontrol apa, berapa kali, dan berapa banyak Anda makan. Kalau ingin sukses, Anda juga perlu tidur cukup.

Tanpa disadari, kebiasaan begadang atau gangguan tidur seperti insomnia memengaruhi nafsu makan Anda. Kurang tidur akan meningkatkan produksi hormon lapar ghrelin sementara menghambat produksi leptin (hormon kenyang).

Selain itu, kurang tidur juga membuka kesempatan yang lebih besar untuk menyengajakan makan tengah malam demi memuaskan ngidamnya. Coba ikuti tips tidur cukup dan nyenyak dari para ahli.

5. Kurangi secara bertahap

makanan tinggi lemak

Makanan sehat memang penting, tetapi jangan malah memaksa langsung menghindari makanan asin dan manis sama sekali. Ngidam boleh saja dituruti sesekali.

Kuncinya adalah kendali diri untuk membatasi porsinya setiap kali makan. Mulailah mengurangi porsinya secara bertahap. Misalnya jika Anda terbiasa menghabiskan satu bungkus keripik kentang saat kebosanan atau satu paket coklat ketika lapar, kurangi jadi 3/Four-nya. Setelah terbiasa makan lebih sedikit, Anda bisa mengurangi porsi camilan  tersebut hingga setengahnya.

Lebih baik melakukan perubahan kecil yang pasti dari waktu ke waktu daripada langsung menghentikannya secara drastis. Jika Anda langsung menolak atau menghindari makanan idaman, tubuh malah akan berontak sehingga rasa ngidam Anda akan semakin menjadi-jadi.

Yang ada, mungkin Anda hari ini berhasil tidak ngidam makanan asin atau manis tapi membalasnya dengan makan banyak keesokan hari.

6. Jangan biarkan stres menumpuk

hidup bahagia tapi stres

Tekanan psychological secara tidak langsung ikut memengaruhi nafsu makan kita, loh! Tidak sedikit orang yang justru makan makin banyak saat stres. Kondisi ini disebut emotional eating, dan makanan yang menjadi sasaran memang biasanya adalah yang serba manis atau asin.

Jika ngidam makanan Anda ternyata dipicu oleh stres, entah stres di kantor atau di rumah, cobalah lawan dulu stres tersebut. Ada banyak cara sederhana untuk menghilangkan stres, mulai dari mendengarkan musik, menonton film komedi, hingga meditasi.

Carilah kegiatan yang menurut Anda menyenangkan untuk mengalihkan pikiran dari bayang-bayang makanan manis dan asin

The submit 6 Jurus Ampuh Melawan Ngidam Makan yang Serba Asin dan Manis appeared first on Hello Sehat.

Comments