5 Inspirasi Desain Ruang Makan untuk Hangatkan Hubungan Keluarga

  • Whatsapp

Dailymail.co.id, Jakarta – Keterbatasan lahan tak berarti keberadaan ruang makan dihilangkan. Walau tak bisa dinafikan, ruang keluarga mungkin lebih sering digunakan untuk menyantap sajian.

Padahal, ruang makan bisa menjadi medium penghangat kebersamaan para anggota keluarga. Sambil menyantap, Anda bisa saling berbagi cerita atau melontarkan canda satu sama lain.

Muat Lebih

Kehangatan itu bisa dibantu dengan desain interior yang tepat. Berikut lima inspirasi desain ruang makan dari Dekoruma untuk menciptakan tempat kumpul keluarga menjadi lebih menyenangkan.

Dekat dengan Bukaan

Menikmati makanan kesayangan tak harus di dalam ruangan tertutup. Justru, memposisikan ruang makan dekat dengan bukaan atau jendela halaman belakang rumah akan memberikan nuansa baru.

Ruang makan lebih dekat dengan alam, pikiran dan hati pun lebih tenang.Apabila dirasa terlalu terang dan menganggu privasi, Anda bisa memasang gorden sheer. Jenis gorden ini akan meminimalisir terik matahari yang masuk ke dalam rumah.

Taruh Tanaman Hias Dalam Ruang

Ilustrasi ruang makan. (dok. Dekoruma/Dinny Mutiah)

Apabila hunian Anda tidak memiliki bukaan yang besar, suasana alami tetap bisa Anda hadirkan di ruang makan dengan menghadirkan tanaman hias dalam ruangan. Pilih tanaman hias dalam ruangan yang bisa menjernihkan udara di rumah seperti lidah buaya, lidah mertua, bunga peace lily, dan bunga krisan.

Letakkan tanaman tersebut di rak pajangan yang memisahkan ruang makan dengan ruangan lainnya. Jika tanaman berukuran besar, bisa Anda letakkan di dekat akses menuju ruang makan.

Aplikasikan Cermin Geometris

Tak hanya ruang tamu, kamar tidur, hingga ruang keluarga, ruang makan pun juga butuh dekorasi. Tak perlu dekorasi yang heboh, Anda bisa menggunakan cermin dengan bentuk geometris. Posisikan cermin-cermin tersebut di dinding dekat meja makan.

Selain membuat tampilan ruang makan jadi lebih elegan, dekorasi ini membuat ruang makan terlihat lebih luas secara tidak langsung. Pantulan cahaya dari cermin memberikan ilusi ruangan yang lapang. Tak lupa, hadirkan lampu lantai dan lampu gantung untuk menambah aksen ruang makan.

Furnitur Warna Mencolok

Ilustrasi ruang makan. (dok. Dekoruma/Dinny Mutiah)

Menghadirkan furnitur utama berupa meja dan kursi berwarna mencolok di tengah ruangan berwarna netral bisa jadi alternatif. Desain seperti ini akan membuat mata langsung tertuju ke meja dan kursi makan saat masuk ke ruang makan.

Dipilihnya warna biru pada ruang makan ini dikarenakan warna biru mampu membuat hati dan pikiran tenang. Agar tidak terlalu mencolok, tetap hadirkan warna putih sebagai penetral di motif taplak meja dan kursi.

Ruang Makan dengan Kursi Bar

Ingin ruang makan Anda anti-mainstream? Ganti meja dan kursi makan Anda dengan meja dan kursi bar. Desain ruang makan ini sangat cocok digunakan di ruang makan yang cenderung berukuran kecil seperti di apartemen.

Selain anti-mainstream, meja bar bisa menjadi sekat yang memisahkan ruang dapur dengan ruangan lainnya.

Dailymail.co.id | Daily Mail Online:

Pos terkait