4 Tips Atasi Masalah Seks Setelah Kanker Prostat

Halo Dokter

Kesehatan / Halo Dokter 55 Views comments

Perawatan kanker prostat seperti operasi, radioterapi, dan perawatan lain dapat memengaruhi performa seks pria. Setelah melakukan perawatan kanker prostat, gairah seksual pria biasanya menurun. Selain itu, pria menjadi sulit untuk ereksi (disfungsi ereksi), orgasme kering, atau jumlah sperma yang menurun. Namun, masalah seks setelah kanker prostat ini bisa dikelola dengan baik agar cinta dan gairah tetap menyala.

Mengatasi masalah seks setelah kanker prostat

setelah berhubungan seks, tidur lebih nyenyak

Perawatan kanker prostat memiliki efek samping yang berpengaruh pada kehidupan seks pria. Ini bisa diatasi dengan beberapa ideas berikut.

1. Minum obat-obatan yang mendukung

Sejumlah strategi dapat membantu pria untuk mendapatkan kembali fungsi seksual normalnya, jika disfungsi ereksi disebabkan oleh pengobatan kanker prostat.

Obat-obatan minum seperti sildenafil (Viagra), avanafil (Spedra), tadalafil (Cialis), dan vardenafil (Levitra), dapat membantu pria untuk mendapatkan kembali fungsi seksual seperti semula. Obat lainnya termasuk krim yang langsung dimasukkan ke penis seperti alprostadil (Vitaros) dan alprostadil (dalam bentuk suntikan dan pelet).

Selain itu, terapi fisik juga memabantu mengembalikan performa seks setelah kanker prostat. Ini termasuk pompa vakum yang digunakan sebelum berhubungan untuk menarik darah ke penis dan implan ketika perawatan lain gagal.

2. Rehabilitasi

Rehabilitasi penis adalah cara untuk mengembalikan bentuk penis setelah operasi atau radiasi. Caranya yaitu dengan sering-sering berhubungan seks atau masturbasi.

Semakin sering ereksi, semakin tinggi kadar oksigen yang diantarkan menuju penis sehingga bisa memperbaiki aliran darah untuk menjaga penis tetap sehat.

3. Pola hidup sehat

Jika Anda merokok atau minum alkohol berlebihan, sebaiknya segera berhenti. Rokok dan alkohol akan membuat Anda sulit untuk mengalami ereksi.

Sebagai gantinya, perbanyak makan sayur dan buah-buahan karena dapat menurunkan risiko mengalami disfungsi ereksi. Selain itu, rutin senam Kegel juga dapat menguatkan otot-otot panggul. Membangun otot panggul juga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengalami ereksi.

four. Bicarakan dengan pasangan Anda

Bicarakan dengan pasangan Anda tentang perubahan apa yang Anda rasakan setelah menjalani perawatan kanker prostat. Ini adalah cara terbaik untuk mengembalikan performa seks setelah kanker prostat.

Bicara yang jujur pada pasangan Anda tentang ketakutan dan harapan Anda saat berhubungan seks. Jangan menganggap pasangan Anda tahu bagaimana perasaan Anda.

Coba variasi seks yang lain, tak mesti seks dengan penetrasi. Anda bisa saling memberikan seks oral atau masturbasi bersama. Lakukan aktivitas seks lain yang membuat Anda dan pasangan sama-sama nyaman dan senang.

Anda juga dapat menggunakan bantuan vibrator di ujung penis Anda untuk merangsang saraf dan mengirim lebih banyak sinyal  ke otak.

Jika masih belum berhasil, terapis seks profesional dapat membantu Anda dan pasangan mencari cara untuk mengatasi berbagai masalah seks setelah kanker prostat.

The publish 4 Tips Atasi Masalah Seks Setelah Kanker Prostat appeared first on Hello Sehat.

Comments