Tiongkok Ingin Impor Gas Alam Lebih Banyak

Berita Hari Ini

Politik / Berita Hari Ini 8 Views comments

Beijing: Tiongkok ingin mengimpor lebih banyak fuel alam karena jaringan pipa fuel lintas batas baru dan terminal fuel alam cair akan mulai digunakan. Adapun langkah yang akan dilakukan itu dengan harapan bisa memberi efek positif terhadap pergerakan ekonomi di masa mendatang.

"Tiongkok mendukung perusahaan domestik untuk meningkatkan produksi fuel alam dan pada saat bersamaan melakukan diversifikasi impor sumber daya," kata juru bicara Kementerian Perdagangan Tiongkok Gao Feng, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat, eight Desember 2017.

Memanggil impor sebagai sumber penting dalam pasokan fuel alam Tiongkok, Gao menambahkan, peningkatan impor untuk meningkatkan permintaan domestik dan perbaikan fasilitas infrastruktur. Statistik dari bea cukai Tiongkok menunjukkan bahwa dari Januari sampai Oktober tahun ini, impor fuel alam Tiongkok naik 24,9 persen menjadi 54.165 juta ton.

"Dari jumlah tersebut, impor fuel alam cair melonjak 47,7 persen menjadi rekor tertinggi di 29,092 juta ton," tuturnya.

Sebelumnya, Tiongkok dan Kanada pada dasarnya telah menyelesaikan studi kelayakan mengenai sebuah perjanjian perdagangan bebas setelah lebih dari satu tahun usaha. Adapun kedua negara terus berusaha agar masing-masing negara bisa terus memacu pertumbuhan ekonominya di masa mendatang.

"Kedua belah pihak telah sepakat untuk menandatangani kesepakatan tersebut," kata juru bicara Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tiongkok Gao Feng, dalam sebuah konferensi pers.

Gao mengatakan kemajuan telah dicapai dalam masalah tersebut saat kunjungan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau ke Tiongkok dari Minggu sampai Kamis. Gao menambahkan Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Kanada untuk memulai pembicaraan lebih awal mengenai kesepakatan tersebut.

"Kedua negara membuka studi kelayakan pada September tahun lalu," pungkasnya.

(ABD)

Comments