Soal Penguasaan Bola, Timnas Indonesia Ungguli Islandia

Koran Online

Nasional / Koran Online 33 Views comments

Jakarta - Timnas Indonesia kalah cukup telak saat menghadapi Timnas Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (14/1/2018) malam.

Meski kalah 1-4 dari kontestan Piala Dunia 2018 itu, Timnas Indonesia mencatatkan statistik yang lebih baik dari Islandia untuk urusan ball possession.

Tim Garuda sempat unggul lebih dulu melalui gol yang dicetak Ilham Udin Armaiyn pada menit ke-28. Striker yang baru bergabung dengan klub Malaysia, Selangor FA, itu berhasil memanfaatkan blunder kiper Islandia, Runar Alex Runarsson, yang gagal menangkap bola hasil umpan silang Febri Hariyadi karena licinnya bola akibat guyuran hujan.

Namun, striker muda Islandia yang masuk di pertengahan babak pertama, Albert Gudmundsson, menjadi mimpi buruk bagi Andritany Ardhiyasa.

Pemain debutan ini berhasil mencetak hattrick ke gawang Timnas Indonesia, satu di antaranya lahir dari eksekusi penalti. Sementara satu gol Islandia lainnya dicetak Arnar Smarason. Kekalahan 1-Four tak bisa dihindari oleh Timnas Indonesia.

Namun, seperti dilansir dari Labbola, Tim Garuda mencatatkan angka yang lebih baik dari ball possession. Pada babak pertama, Timnas Indonesia mencatatkan ball possession dengan persentase 59 persen.

Selain itu, Tim Garuda juga unggul dalam akurasi umpan. 77 persen passing berhasil dilakukan Fachruddin Aryanto dkk. selama 45 menit pertama.

Namun, memang harus diakui dalam hal menciptakan peluang hingga melakukan tembakan ke arah gawang, Islandia lebih unggul. Tim Garuda menciptakan tujuh peluang, sementara Islandia menciptakan delapan kesempatan.

Soal tembakan ke gawang, tim asuhan Luis Milla hanya menciptakan satu tembakan, sementara Islandia tiga kali mengancam gawang Andritany Ardhiyasa.

Di babak kedua, Tim Garuda kebobolan tiga gol. Jumlah persentase ball possession yang dimiliki Timnas Indonesia justru meningkat menjadi 61 persen. Untuk urusan akurasi umpan pun, tim asuhan Luis Milla itu juga tetap lebih baik.

Hanya, bicara peluang yang tercipta, Timnas Indonesia complete mengemas 12 peluang sementara Islandia unggul dengan 18 peluang. Tak ada peningkatan di Timnas Indonesia terlihat dari tembakan yang tepat ke arah gawang. Hanya ada satu tembakan ke gawang Islandia hingga laga usai.

Comments