Rupiah Ditutup Menguat 17 Poin

Berita Hari Ini

Koran Online / Berita Hari Ini 43 Views comments

Illustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO).

Metrotvnews.com, Jakarta: Mata uang rupiah menguat pada penutupan perdagangan hari ini. Penguatan didorong mulai melemahnya mata uang dolar AS dalam perdagangan international.

Bloomberg, Selasa 18 Juli 2017, melansir mata uang rupiah menguat 17 poin atau zero,13 persen dengan berada pada Rp13.309 per USD.

Sementara Yahoo Finance mencatat mata uang rupiah menguat 15 poin atau zero,11 persen dengan berada pada degree Rp13.308 per USD.

baca : Juni, Rupiah Menguat terhadap Dolar AS dan Yen Jepang

Sedangkan Financial institution Indonesia (BI) merekam mata uang rupiah melemah satu poin dengan berada pada Rp13.314 per USD.

Masih terbatasnya kenaikan mata uang negeri Paman Sam akan memberi angin segar bagi rupiah. Mulai lambatnya kenaikan USD, seiring terbatasnya kenaikan USD terhadap yuan renminbi, setelah rilis data-data Tiongkok telah memberikan rasa optimisme kedepannya.

"Dan juga perkiraan pengetatan kebijakan moneter the Fed yang tidak akan terlalu ketat memengaruhi gerak USD," ujar Analis Senior PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada.

Rupiah, lanjut Reza, masih belum optimum untuk bergerak pada perdagangan kemarin karena USD masih bergerak dengan nyaman. Adapun sentimen dari dalam negeri seperti rilis knowledge neraca perdagangan yang surplus sebesar USD1,63 miliar di Juni 2017 sama sekali tidak memberikan pengaruh bagi rupiah.

"Rilis BPS lainnya selain neraca perdagangan yakni rupiah yang terapresiasi selama Juni 2017 dan persentase penduduk miskin yang turun tipis hingga Maret 2017 juga tidak banyak memberikan sentimen positif bagi rupiah untuk bergerak di zona hijau," tutup Reza.


 

(SAW)

Comments