Pusat Tumpukan Lemak Pria dan Wanita Berbeda

Berita Hari Ini

Koran Online / Berita Hari Ini 64 Views comments

Lemak berlebih dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh bila dibiarkan begitu saja. (Foto: Huffingtonpost/Gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lemak berlebih dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh bila dibiarkan begitu saja. Dari berbagai macam lemak dalam tubuh, penumpukan paling berbahaya terdapat pada perut. 

Pada dasarnya, sel lemak yang berlebih akan melepaskan zat ke pembuluh darah. Pada lemak perut, lemak yang berada dekat pembuluh darah akan mudah masuk ke dalam bagian tersebut dan menyelubungi bagian hati.

"Sel lemak pada orang gemuk yang lemaknya bertumpuk di perut akan menyelubungi hati dan lama kelamaan akan membuat sel hati mengerut," terang dokter gizi klinik dr. Samuel Oetoro, MS SpGK (Okay) dalam peluncuran Herbilogy, Selasa 18 Juli 2017.

Akibatnya, orang tersebut akan mengalami pengerasan hati atau sirosis (fatty liver). Selain bagian bawah perut, penumpukan lemak yang sering dialami orang kegemukan adalah pada bagian kulit. 

(Baca juga: Diet Tinggi Lemak Tingkatkan Risiko Penyakit Mental)

Umumnya, orang cenderung mencemaskan penampilan mereka bila lemak terdapat pada bagian yang mudah terlihat tersebut. Beberapa bagian lemak kulit yang terpampang jelas kelebihan dan berujung pada ketidak percayaan diri seseorang adalah lengan, paha, dan bagian dagu. 

Selain pada bagian tersebut, penumpukan lemak juga sering terjadi pada bagian pinggang. Umumnya, masalah ini lebih sering dialami wanita karena adanya hormon estrogen yang membuat lemak berlebih banyak mengarah ke bagian tubuh tersebut. "Kalau pria, biasanya lemak bertumpuk di perut. Sementara wanita pada bagian pinggang," simpulnya.

(TIN)

Comments