Pemerintah Siapkan 4 Program Kembangkan Daerah Perbatasan

Berita Hari Ini

Koran Online / Berita Hari Ini 37 Views comments

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah mencanangkan empat program untuk membangun daerah perbatasan Indonesia. Program ini digerakkan oleh berbagai kementerian terkait, dengan goal rampung pada akhir 2019.

"Tujuannya melihat wilayah perbatasan lebih manusiawi, terarah, dan memberi kesempatan masyarakat lokal untuk mengembangkan potensi,"  kata Direktur Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu, Johozua M. Yoltuwu di Jakarta Pusat, Selasa 18 Juli 2017.

Johozua menuturkan, empat rancangan tersebut meliputi pembangunan embung atau badan air sebagai irigasi, pembangunan produk unggulan kawasan pedesaan (prukades), pembangunan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dan pembangunan fasilitas olahraga.

Dia menjelaskan, pembangunan prukades merupakan program integrasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Setiap bupati harus menentukan bagian wilayahnya yang menjadi kawasan integrasi kementerian pusat, yakni Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN).

(Baca juga: Menteri Basuki Genjot Pembangunan di Perbatasan)

"Kawasan ini meliputi bidang hortikultura, pertanian, agraria, peternakan, perikanan, dan penguatan potensi unggulan lainnya," jelas dia.

Kementerian Pertanian menyiapkan dana hampir Rp2 triliun untuk mengembangkan daerah tertinggal. Jika, pemda belum menentukan KPPN, dana serta teknologi tepat guna yang disiapkan untuk membangun potensi wilayah tidak akan efektif.

Sementara itu, pembangunan Bumdes bertujuan mengembangkan daerah jadi lebih maju dengan adanya lembaga unit ekonomi. Johozua menuturkan, untuk mendukung program ini, telah diresmikan PT. Mitra Bumdes Nusantara dan sudah diluncurkan di seluruh kabupaten untuk memberi arahan di degree desa dan masyarakat.

"Jangan biarkan dana lebih dari Rp1 miliar yang ditetapkan di tiap desa ini jadi tidak terkontrol. Harus ada pemuatan pemberdayaan lingkungan dan masyarakat," pungkas dia.

(REN)

Comments