Menkeu: Utang Harus Mampu Mendorong Peningkatan Pendapatan Masyarakat

Berita Hari Ini

Koran Online / Berita Hari Ini 31 Views comments

Menkeu Sri Mulyani (tengah). MI/Galih Pradipta.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah akan terus berupaya mengelola utang agar digunakan untuk mendanai program-program produktif.

Dalam Sidang Paripurna DPR, Ani, sapaan akrabnya, merespons tanggapan DPR mengenai pengelolaan utang pemerintah saat ini. Dia bilang, saat ini utang masih dalam degree yang aman. Lagi pula, utang yang masih terus dilakukan pemerintah saat ini agar bisa menghasilkan potensi penerimaan di masa mendatang.


"Tambahan utang harus mampu mendorong peningkatan pendaptan masyarakat seperti pembangunan infrastruktur, program pengentasan kemiskinan, peningkatan kesehatan dan kualitas pendidikan," kata Ani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 18 Juli 2017.

Ani bilang, dengan pembangunan infrastruktur,  penurunan kemiskinan dan kesejahteraan yang meningkat akan mempengaruhi pada kemampuan masyarakat untuk bayar pajak.

Mantan Direktur Pelaksana Financial institution Dunia ini bilang pemerintah akan terus menjaga utang dalam tingkat yang aman dan sesuai dengan kemampuan untuk membayar utang.

Yang jelas, sambung dia, pemerintah Jokowi-JK ingin memastikan tak akan membebani utang untuk pemerintah selanjutnya. Oleh karenanya, kegiatan pengadaan utang baru lebih memprioritaskan sumber dalam negeri dan juga kebutuhan belanja.

"Pengadaan utang baru akan terus dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan pengeluaran belanja," jelas dia.


 

(SAW)

Comments