KPAI Desak Polisi Ungkap Dalang 'Duel Gladiator' di Sukabumi

Berita Hari Ini

Politik / Berita Hari Ini 12 Views comments

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendesak polisi segera mengungkap dalang duel ala 'gladiator' SMP di Sukabumi, Jawa Barat. KPAI menduga kuat alumni dan senior sekolah menjadi aktor di balik kasus tersebut.&

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti mengatakan, hasil pengungkapan kepolisian akan menjadi dasar bagi sekolah melakukan upaya pembenahaan dan mendorong terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA). Pengungkapan juga dinilai bisa memberikan efek jera bagi si pelaku.

"Sekaligus memutus mata rantai kekerasan yang terjadi,” kata Retno dalam keterangan tertulisnya, Jumat 13 Oktober 2017.

Baca:& Senioritas Dinilai Jadi Penyebab Kasus 'Duel Gladiator'

Memutus mata rantai kekerasan di kalangan pelajar yang diduga melibatkan alumni, harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Tanggung jawab, kata Retno, tak hanya diserahkan kepada polisi, tetapi juga sekolah, orang tua siswa, dan dinas pendidikan setempat. "Harus memiliki persepsi yang sama tentang bahayanya bullying dan kekerasan dalam tumbuh kembang seorang anak," jelas dia.

Bagi Retno, pelaku 'duel gladiator' merupakan korban. Ia meyakini perkelahian yang dilakukan bukan atas kemauan sendiri, melainkan paksaan dari para alumni dan seniornya di sekolah.&

KPAI pun mengajak masyarakat lebih peka agar kasus serupa tak berulang. Anak-anak korban perundungan, kata Retno biasanya dapat dideteksi dari sejumlah ciri. Misal, tampak murung, prestasi belajarnya menurun, dan tidak percaya diri.

'Duel Gladiator' di kalangan pelajar kembali terjadi. Terakhir, sebuah video perkelahian antar siswa SMP di Sukabumi, Jawa Barat, viral di media sosial. Diduga video itu dibuat dan disebar oleh penonton yang merupakan siswa senior atau para alumni sekolah itu.

&

Comments