Kendaraan Lebih Aman dari Maling dengan Alien Fox

Berita Hari Ini

Koran Online / Berita Hari Ini 25 Views comments

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Berawal dari maraknya kasus pencurian kendaraan motor (curanmor), Hambali Nasuha, mahasiswa tingkat akhir jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia (ITI) tergerak menciptakan alat pengusir pelaku curanmor.

Ia menciptakan alat pengamanan kendaraan bermotor yang diberi nama Alien Lox. Alat ini dirancang dengan teknologi canggih, dan bisa dikendalikan menggunakan smartphone Android.

"Alien Lox itu berfungsi mengamankan kendaraan bermotor, baik motor maupun mobil. Jadi semua mesin, misalnya lampu, klakson itu bisa dikendalikan pakai android," tutur Hambali Nasuha, CEO PT Eloktrikel Teknologi Indonesia, saat ditemui di kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, baru- baru ini.

Produk inovasi Alien Lox ini meliputi dua komponen yang bisa dipasang di cup lampu, sementara bagian yang tertera angka dipasang pada bagasi. Angka tersebut merupakan password, sehingga jika suatu waktu pengguna tak membawa HP, bisa menekan angka password pada kotak tersebut.

"Keunggulannya bisa dioperasikan lewat android, ini baru pertama di Indonesia. Selain itu, kalau sudah memakai Alien Lox, maling juga tidak bisa membobol kunci, walaupun telah dikunci stang. Paling dia hanya bisa membuka kunci stangnya, tapi tidak bisa menghidupkan mesinnya," papar Hambali yang kini tengah menyusun skripsi ini.

Temuan ini mendapat respon positif dari orang-orang di sekitar Hambali. Terbukti, dia dan tim dibanjiri pesanan dari teman-teman dekatnya. Versi pertama Alien Lox terjual 20 unit, sementara versi keduanya kini diproduksi sebanyak 100 dan telah laku setengahnya. Harganya dibandrol sebesar Rp 500 ribu per-box nya dan garansi satu tahun.

Kini, PT Eloktrikel Teknologi Indonesia sedang mengambangkan versi ketiganya. Perbedaannya dengan dua versi sebelumnya adalah dibuat lebih memenuhi kebutuhan konsumen, harganya pun lebih terjangkau agar bisa masuk di pasaran, tapi tidak mengurangi kualitas dan fungsi produk.

"Biasanya yang beli kan teman sendiri, jadi mereka memberi suggestions alatnya kurang apa atau ada yang tidak perlu. Dari situ kita perbaiki dan tahun ini kita mau lebih memasarkan lewat sosmed, kita tawarkan ke bengkel asesoris juga. Nanti kita adakan pelatihan agar montir bisa memasangnya sebab sejauh ini kita masih datang ke konsumen dan memasangkannya, jadi sekarang pasr kita di kawasan Tangsel saja," imbuh laki-laki 23 tahun itu.

PT Eloktrikel Teknologi Indonesia merupakan salah satu tenan inkubasi bisnis Puspiptek sejak November 2016. Dari sini, dirinya bisa memetik lebih banyak ilmu, terutama inovasi produk dan pemasaran.

"Kita dapat biaya juga kalau tahun 2016 turun Rp 140 juta untuk produksi 100 pcs Alien Lox dan tahun ini Rp 277 juta untuk seribu pcs. Selain itu kita dapat bimbingan cara advertising, pitching, bisnis juga dimonitor terus dan juga dilaporkan," kata dia.

Dirinya akan lebih berinovasi dan membuat produk yang laku di pasaran yang beehubungan dengan safety. Sekarang PT Eloktrikel Teknologi Indonesia sudah bekerjasama dengan developer beberapa cluster di seputaran Tangerang Selatan dalam pemasangan sensible house.

"Harga kami lebih murah dan akan lebih mengembangkan lagi agar bisa kerjasama dengan pihak ketiga. Misalnya kalau ada kebakaran, alat ini yang akan mengirimkan pesan pada pemadam, jadi bisa langsungg teratasi," pungkasnya.

(ROS)

Comments