Kaspersky Lab: Android Paling Diincar Ransomware

Berita Hari Ini

Koran Online / Berita Hari Ini 24 Views comments

Metrotvnews.com, Jakarta: Kaspersky Lab melaporkan Android sebagai sistem operasi yang paling rentan terhadap serangan ransomware pada perangkat cellular. Hal ini didorong oleh sifat terbuka yang usung sistem operasi karya Google tersebut.

“Pada Android, pengembang barupun dapat dengan mudah memasukan aplikasi ke Play Retailer. Kemudahan tersebut mendorong pelaku kejahatan siber untuk mennyematkan ransomware ke aplikasi Android,” ujar Territory Channel Supervisor Kaspersky Lab Lab Indonesia, Dony Koesmandarin, saat ditemui hari ini di Jakarta, Selasa (18/7/17).

Dony juga menjelaskan, serangan ransomware pada perangkat cellular, jelas Dony, umumnya berbeda dari serangan yang dilancarkan ke komputer. Umumnya serangan pada perangkat cellular bersifat blocker, dengan memblokir aplikasi atau sistem operasi secara keseluruhan, atau dengan memblokir peramban pada perangkat.

Meskipun demikian, bukan berarti sistem operasi cellular karya Apple, yaitu iOS, tidak mungkin terjamah ransomware. Namun menurut Dony, iOS cenderung lebih aman dari Android, sebab dinilai toko aplikasinya lebih sulit untuk dimasuki aplikasi dari pengembang baru, serta pilihan aplikasi free of charge lebih sedikit.

Kaspersky Lab Lab juga menyebut kian maraknya serangan ransomware pada perangkat cellular akibat dukungan infrastruktur terkait finansial dan pembayaran, terutama pada perangkat yang dimiliki masyarakat di negara berkembang. Hal in turut menjadi alasan negara berkembang sebagai goal pelaku kejahatan tersebut.

Untuk mencegah serangan ransomware terjadi pada perangkat konsumen, Kaspersky Lab menyarankan pemilik perangkat untuk lebih berhati-hati dalam mengunduh aplikasi. Kehati-hatian tersebut dapat dilakukan dengan menonaktifkan pengaturan izin unduh aplikasi dari sumber tidak dikenal, pada menu Setting dan Safety.

Selain itu, Kaspersky Lab juga menyarankan pengguna perangkat untuk tidak mengaktifkan fitur auto-download pada setiap aplikasi pesan instan atau aplikasi lainnya pada perangkat. Kaspersky Lab juga menegaskan pentingnya melakukan backup, serta mengedukasi diri dan orang sekitar terkait perkembangan tren ransomware.

Penting juga untuk selalu melakukan replace pada aplikasi dan firmware perangkat, serta mengaplikasikan solusi keamanan pada perangkat pengguna, guna mencegah menjadi korban. Jika menjadi korban aplikasi ransomware, pengguna dapat melakukan manufacturing unit reset untuk menghilangkan malware tersebut.

(MMI)

Comments