Jaksa Agung tak Masalah Polri buat Densus Antikorupsi

Berita Hari Ini

Koran Online / Berita Hari Ini 40 Views comments

Metrotvnews.com, Jakarta: Jaksa Agung M. Prasetyo menilai baik langkah Kapolri Jenderal Tito Karnavian membentuk Densus Anti-Tindak Pidana Korupsi. Dia pun meyakini kinerja tim antikorupsi Polri tak akan bertubrukan dengan Satgasus Penanganan dan Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Korupsi.

"Enggak masalah. Kami juga punya Satgasus P3TPK yang sejak saya di sini dan hasilnya alhamdulillah cukup baik," kata Prasetyo di Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa 18 Juli 2017.

Prasetyo menilai, dengan dibentuknya Densus Anti Tipikor maka menjadi triger untuk lembaga lain agar membentuk hal serupa. Meski, kata dia, Satgassus P3TPK dibentuk bukan hanya untuk penindakan dan penegakan hukum tapi juga preventif.

"Selama ini saya sampaikan dengan dibentuknya TP4, Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan, baik di pusat maupun di daerah. Dengan demikian kita harapkan indikasi atau potensi untuk orang berbuat korupsi bisa ditekan semaksimal mungkin," tutur dia.

Menurut dia, sampai saat ini belum ada permintaan dari Polri untuk bekerja sama. Kendati demikian, bila ada permintaan semacam itu bakal dipertimbangkan. Sebab, perlu dihitung sisi manfaat juga efektivitasnya. Prasetyo tak masalah kalau sampai Densus Anti Korupsi dan program di Kejagung harus tumpang tindih.

"Enggak ada masalah dan tumpang tindih, hanya mungkin Polri memiliki gagasan untuk lebih melembagakan satuan tugas untuk melakukan pemberantasan korupsi. Kita juga punya Satgas yang dikomandoi Jampidsus ada 75 orang jaksanya, termasuk mereka yang pernah bertugas di KPK. Kolaborasinya bisa dilakukan," tandas dia.

(Baca juga: Polri akan Bentuk Densus Antikorupsi)

(REN)

Comments