Gempa 7.8 SR di Rusia Picu Peringatan Tsunami

Berita Hari Ini

Koran Online / Berita Hari Ini 34 Views comments

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Moskwa: Gempa berkekuatan 7,eight skala richter (SR) yang melanda Semenanjung Kamchatka di Rusia memicu peringatan tsunami untuk kawasan Pasifik.

Gempa tersebut berlokasi sekitar 200 kilometer dari kota Nikolskoye di Pulau Bering di luar Semenanjung Kamchatka.

Episentrum berada di sebelah barat Attu, pulau paling barat dan terbesar di gugusan Kepulauan Alaska yang terpencil, Aleutian.

Kejadian ini memicu sebuah peringatan tsunami untuk Kepulauan Aleutian terpencil di Alaska. Cabang kementerian darurat Rusia di Kamchatka memperingatkan bahwa gelombang setinggi 50 sentimeter bisa mencapai Nikolskyoe.

"Gelombang tsunami yang berbahaya mungkin melanda pantai yang berada dalam jarak 300 km dari pusat gempa," seru Pusat Peringatan Tsunami Pasifik Amerika Serikat (PTWC), seperti disitir The Unbiased, Selasa 18 Juli 2017.

Namun kemudian, berdasarkan semua knowledge tersedia, ancaman tsunami dari gempa besar ini telah berlalu.

Gempa bumi ini sangat dangkal, kedalamannya hanya 10 km di bawah dasar laut. Tapi posisinya jauh dari daratan dan tidak ada laporan langsung mengenai korban atau kerusakan.

Gelombang setinggi enam ichi dilaporkan terjadi di perairan Shemya, Alaska. 

Laporan awal menyebut gempa berkekuatan 7,7 SR, sebelum akhirnya direvisi menjadi 7,four SR. Revisi terakhir menempatkan kekuatannya di angka 7,eight SR. 

Kekuatan 7,eight SR biasanya menimbulkan kerusakan jika terjadi di daratan atau daerah sekitarnya. Gempa semacam itu biasanya diikuti banyak guncangan susulan, termasuk beberapa di antaranya bisa di atas 5.zero SR.

(WIL)

Comments