Dunia Pendidikan Diminta Menggalakkan Kontra-Radikalisasi

Berita Hari Ini

Koran Online / Berita Hari Ini 36 Views comments

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut perlu peran semua pihak untuk melawan paham radikalisme. Masalahnya, ideologi radikal menyasar generasi muda yang rawan teradikalisasi.

Jubir BNPT Irfan Idris mengatakan, salah satu upaya menangkis idelogi radikal dimulai dari dunia pendidikan. Ia menyebut, generasi muda menjadi yang paling rawan teradikalisasi.

Ini, kata dia, terlihat dari peristiwa teror yang belakangan terjadi. Pelakunya didominasi usia relatif muda.

Perang pemikiran ini hanya bisa dilawan dengan pemikiran yang kontra dengannya. "Bagaimana memperkuat generasi pemahamannya? Di sekolah, di kampus dan pesantren," kata Irfan, Metrotvnews.com, Selasa 18 Juli 2017.

Deradikalisasi di dunia akademik memang tidak instan hasilnya. Hal ini adalah proyek jangka panjang. Ini untuk menanggulangi dan mengantisipasi kemungkinan aksi teror ke depan.

Jadi, ketika paham-paham radikal menyusup ke pemikiran generasi muda, mereka sudah memiliki semacam kekebalan untuk menangkalnya. Sebaliknya, jika tak dimulai dari sekarang Irfan khawatir semakin banyak generasi muda yang bakal terpapar paham radikal.

"Agar jangan lagi yang terpapar. Apa yang mereka lakukan tidak ada lagi yang bergeming. Sudah kuat imunitas tubuh dan imunitas pertahanan generasi kita," pungkas dia.

(REN)

Comments