Delegasi Bali Democracy Forum Sambangi Kota Kembang Bandung

Berita Hari Ini

Politik / Berita Hari Ini 9 Views comments

Delegasi BDF X di Gedung Sate, Kota Bandung, Jabar, 8 Desember 2017. (Foto: Sonya Michaella)

Bandung: Delegasi Bali Democracy Discussion board (BDF) ke-10 mengunjungi Kota Bandung sebagai salah satu agenda di hari kedua gelaran acara. Tak hanya delegasi, mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam BDF Scholar Conference juga ikut serta ke Kota Kembang.

“Bandung kami pilih sebagai bagian dari upaya untuk memahami pelaksanaan demokrasi di Indonesia yang didasarkan pada toleransi dan keragaman,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri RI, Mayerfas, dalam pidato pembukaannya di Gedung Sate, Bandung, Jumat eight November 2017.

“Kebetulan di Bandung sedang ada pageant kopi. Di sini lah kami ingin memperlihatkan kemajuan ekonomi kreatif dari kota di Indonesia,” lanjut dia.

Dalam kunjungan ini, hadir Menteri Politik Kementerian Luar Negeri Yordania, Musa Maaytah. Awalnya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dijadwalkan hadir. Namun karena berhalangan, akan digantikan Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir.

Baca: Gelaran BDF ke-10 Dipuji Delegasi Internasional

“Karena Pak Wamen juga berhalangan hadir, maka saya ditugaskan untuk menemani para delegasi,” ucap Mayerfas.

Bali Democracy Discussion board adalah sebuah wadah yang diprakarsai Pemerintah Indonesia sejak 2008 untuk mempromosikan nilai-nilai demokrasi.

Dalam penutupan BDF ke-10 semalam, disebutkan pula bahwa demokrasi harus tumbuh dari dalam dan mengakui perbedaan serta keberagaman. 

Satu dekade penyelenggaraan BDF, tingkat partisipasi meningkat jadi 103 delegasi dari 96 negara dan tujuh organisasi internasional. 

(WIL)

Comments