Ambisi Mobil Tiongkok Menyaingi Ferrari dan Porsche, Sanggup?

Koran Online

Nasional / Koran Online 9 Views comments

Dicap sebagai merek otomotif Tiongkok, kerap mendapatkan anggapan miring. Namun hal itu tak membuat Geely menyerah, mereka pun membeli beberapa merek otomotif ternama, seperti halnya Volvo, Proton hingga Lotus.

Untuk Volvo yang merupakan mobil asal Swedia, dibeli Geely pada 2010. Ketika itu Volvo dibeli dari Ford dengan mahar US$ 1,eight miliar. Di 2017, Geely kembali mencomot merek mobil asal Malaysia yaitu Proton, serta model mobil sport asal Inggris, Lotus.

Proton harus rela berbagi kepemilikan saham dengan Geely, yang secara resmi membeli seham sebesar 49,9 persen. Sokongan dana dari Geely ini tak lain karena daya saing teknologi Proton terasa masih tergolong kurang, dan penjualan di pasar domestik sangat kecil.

Sedangkan Geely sendiri membeli secara resmi saham Lotus sebesar 51 persen pada Mei 2017 dari tangan Proton yang telah dikelola sejak 1996.

Bergabungnya Lotus dalam pangkuan Geely tak lain karena adanya harapan perusahaan mobil sport tersebut bisa kembali berkembang pesat.

Belum sampai disitu, di tahun ini Geely juga telah mengakuisisi perusahaan rintisan (start-up) Terrafugia, yang merupakan pembuat mobil terbang.

Comments