6 Wilayah di Jawa Barat yang Paling Rawan Bencana Alam

Koran Online

Nasional / Koran Online 143 Views comments

Jajaran Polda Jawa Barat dan Kodam III Siliwangi melakukan siaga pasukan guna antisipasi bencana alam. Menjelang musim hujan, potensi bencana alam di Jawa Barat diprediksi akan meningkat.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, beberapa daerah di Jawa Barat rawan bencana. Salah satunya di Kabupaten Pangandaran yang telah terjadi bencana banjir belum lama ini.

"Apel ini merupakan kegiatan pengecekan kesiapsiagaan dalam menanggulangi bencana alam. Bencana yang terjadi sudah 104 kejadian, didominasi tanah longsor, Garut, Kabupaten Tasik, Sumedang, Ciamis, dan Majalengka," kata Agung di Markas Komando Satuan Brimob Polda Jawa Barat, Jatinangor, Sumedang, Jumat 13 Oktober 2017.

Agung mengatakan, dampak dari bencana alam akan mempengaruhi keberlangsungan kehidupan masyarakat. Oleh karenanya, polisi berkerjasama dengan instansi terkait siap membantu masyarakat.

"Kita menyiagakan pasukan untuk penanggulangan dan tanggap darurat. Khususnya pada saat darurat secara langsung bisa mengurangi korban bencana, memberi bantuan dengan cepat dan segera. Lakukan juga pembinaan dan pemulihan psikologis, juga pemulihan fasilitas umum pasca-bencana," ucap dia.

Sementara itu, di tempat yang sama, Panglima Kodam III Siliwangi Mayjen TNI Herindra mengatakan, TNI dan Polri sifatnya mendukung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Namun, pihaknya siap untuk turun langsung membantu masyarakat yang terkena bencana alam.

"Kami mempunyai kemampuan personel maupun materiil yang disiapsiagakan, tergantung di lapangan nanti. Kita ada 25 ribu personel dari Kodam, tapi tergantung yang dibutuhkan di lapangan," ucap Herindra.

Selain itu, lanjut Herindra, personelnya juga telah siap di enam wilayah rawan bencana alam di Jawa Barat. Selain alat berat, pihaknya juga telah menyiapkan peralatan untuk dapur umum.

"Sudah kita siapkan di daerah personel gabungan untum dapur umum, alat berat, dan sebagainya. Intinya kita siap bersama Polri apabila diperlukan," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini

Comments